Situs Tugu Lonceng Bogor

0 422

Lokasi Situs Tugu Lonceng

Jl Pendidikan, Kampung Cilebut, Desa Cilebut Barat, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor.

Situs Tugu Lonceng

Situs Tugu Lonceng namanya. Tetapi, jangan berharap akan menemukan sebuah genta atau lonceng di cagar budaya ini. Yang akan ditemukan hanyalah bangunan kecil dengan 4 pilar di tengah rimbunnya semak-semak dan ilalang. Tidak ada sama sekali keterangan yang menjelaskan asal muasal bangunan ini.

Konon, bangunan di lokasi dimana situs berbentuk menjulang setinggi kurang lebih 10 meter ini merupakan sebuah tangsi Belanda. Situs Tugu lonceng itu adalah dimana sebuah genta terpasang. Lonceng itu biasanya dibunyikan setiap pagi sebagai penanda apel pagi bagi tentara yang menempati tangsi tersebut.

Kalau merujuk cerita ini berarti, memang usia Tugu Lonceng berarti sudah melebihi 50 tahun yang merupakan syarat minimal untuk masuk kategori cagar budaya. Tepatnya tidak diketahui, bisa 50, 100, dan bahkan 200 tahun mengingat Belanda sudah ada di Indonesia sejak 1603.

Bangunannya yang mirip dengan yang ada di Taman Kencana, besar kemungkinan usianya tidak jauh berbeda, yaitu sekitar 100-150 tahun. Bangunan situs sendiri sudah terlihat tua. Salah satu pilarnya sudah hancur. Semak-semak juga semakin meninggi menutupi bagian bangunan.

Ditambah dengan semakin berkembangnya “pasar” dadakan di sepanjang jalan tersebut. Kondisi Situs Tugu Lonceng bisa dikatakan terancam. Papan penanda Cagar Budaya sepertinya tidak akan mampu mencegah rusaknya bangunan situs.

Akan sangat disayangkan, bila di kemudian hari bangunan situs ini menghilang, karena satu dan lain hal. Kalau situs Tugu Lonceng ini hilang, bisa dikata satu lagi sebuah saksi sejarah kota Bogor terhapus dari catatan.

Source Situs Tugu Lonceng Bogor Bogor
Comments
Loading...