Situs Tugu Jepang di Kupang

0 325

Indonesia mempunyai peninggalan sejarah yang begitu banyak sekali dan beragan jenisnya. Salah satunya adalah Situs Tugu Jepang yang berada di kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur. Lokasi situs ini dipagari dengan kondisi lebih terawat dan lebih bersih, yang sebelumnya ditumbuhi rumput dan luput dari perhatian pemerintah setempat. Sehingga kehilangan makna dari benda – benda bersejarah tersebut.

Situs yang dibangun 72 tahun lalu tepatnya April 1943 itu masih kokoh berdiri menjulang ke atas menjadi salah satu obyek wisata bersejarah menarik yang harus Anda kunjungi saat berada di Kota Kupang, ibu Kota NTT. Konon, sebelum bangsa Nippon membangun situs tersebut, areal itu dijadikan seabagai tempat pembakaran mayat tentara Jepang yang gugur di medan laga melawan tentara sekutu.

Situs tugu Jepang berbentuk persegi empat itu berundak-undak dengan 17 anak tangga. Undakan pertama paling bawah terdapat lima tangga, undakan kedua enam tangga dan undakan ketiga juga enam tangga. Pada undak anyang ke III terdapat sebuah ruangan ukuran 1 x 1 meter dengan pintu ke arah utara.

Padahal diatas lahan seluas dua hektar tersebut terdapat bangunan tua yang merupakan saksi sejarah yakni makam yang berisi tiga belas raja taebenu yang konon dikubur bersama barang – barang berharga sekitar abad 16. Lalu ada pula makan istri raja yang dikubur berdampingan serta dua makan keluarga raja. Letak makam raja taebenu berada diatas ketinggian yang menyajikan pemandangan indah disekelilingnya. Dari tempat makam kita bisa melihat indahnya perairan kota kupang dan rumah – rumah penduduk. Sementara tidak jauh dari makam terdapat puing – puing istana raja, yang bentuknya tidak sudah tidak utuh lagi dan hanya menyerupai pondasi rumah. Diatas puing – puing tersebut tumbuh pohon turi dan semak ilalang.

Namun kini sudah dibersihkan sehingga tidak menghalangi pandangan ke arah situs. Situs tugu jepang berbentuk persegi panjang yang berundak – undak sedangkan tampak bagian depan bertuliskan nama – nama tentara jepang yang jenazahnya dibakar di lokasi tersebut. Yang masih tertulis rapi dan jelas untuk dibaca.

Source Situs Tugu Jepang di Kupang Jelajah NTB
Comments
Loading...