Situs Tugu Gede Sukabumi

0 63

Lokasi Situs Tugu Gede

Situs Tugu Gede terletak di Kampung Cengkuk, Kelurahan Margalaksana, Kecamatan Cikakak, Sukabumi, Jawa Barat.

Situs Tugu Gede

Berdasarkan tinggalan budaya yang terdapat di Situs Tugu Gede ini, kemungkinan besar situs ini merupakan lokasi aktivitas semenjak masa prasejarah hingga ke masa kemudian. Hasil survei dan penggalian yang dilakukan oleh para peneliti di daerah ini menunjukan keragaman jenis dan bentuk tinggalan budaya. Identifikasi temuan menunjukkan adanya tinggalan berupa tembikar, keramik, benda logam, alat batu, dan monumen batu. Tembikar yang ditemukan di situs ini berupa pasu, periuk, cawan, cawan berkaki, tempayan, pedupaan, kendi, dan cobek. Keramik yang ada berupa mangkuk, guci, botol, piring, vas, dan cepuk. Benda logam berupa genta, bandul, dan kaki wadah. Alat batu yang ada berupa batu giling, lumpang batu, pipisan, mata tombak, beliung, dan alat serut.

Adapun monumen batu yang ada di situs ini berupa batu jambangan, dolmen, batu altar, tahta batu, batu umpak, dan menhir. Dilihat dari keletakannya di kawasan Situs Tugu Gede ini, temuan arkeologisnya dapat dibedakan menjadi dua kompleks, yaitu kompleks megalitik utara dan kompleks megalitik selatan.

Kompleks megalit utara terletak pada permukaan tanah yang lebih tinggi dibanding dengan kompleks megalit bagian selatan. Tinggalan budaya yang berada pada bagian utara, antara lain berupa menhir besar atau biasa disebut sebagai menhir Tugu Gede yang memiliki ukuran tinggi ± 380 cm, lebar ± 110 cm, dan tebal ± 70 cm. Menhir Tugu Gede ini berdasarkan penglihatan berada di antara tinggalan tiga batu temu gelang.

Penamaan dari menhir besar inilah yang pada akhirnya dipakai sebagai nama tempat tersebut. Menhir Tugu Gede jika dilihat sekilas dari arah timur, tampak seperti patung manusia dalam posisi jongkok. Alis mata berupa goresan, kelopak mata dibuat cekung.

Source Situs Tugu Gede Sukabumi Jawa Barat
Comments
Loading...