Situs Tradisi Megalitik (Ture) Wogo Lama

0 46

Situs Tradisi Megalitik (Ture) Wogo Lama

Lokasi : Kampung Wogo, Desa Rato Gesa, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada, pada titik koordinat 51 L 0285962; 9022007 UTM, dengan ketinggian 1.122 meter Dpl.

Batas-batas situs, di sebelah utara : kebun bambu, dan jalan raya, sebelah selatan : semak-semak, sebelah timur : ladang; sebelah barat : ladang.

Luas situs : kurang lebih 1,5 Ha.

Jenis situs : bekas kampung adat (tradisi megalitik)

Jumlah struktur : dua puluh enam (26) buah

Bahan : terbuat dari batu alam

Deskripsi : Sebelum ditinggalkan oleh masyarakat pendukungnya pada mulanya situs ini merupakan perkampungan dan rumah adat warga Wogo. masyarakatnya migrasi menempati ruang baru dengan nama perkampungan Wogo Baru. Situs Wogo Lama berada pada sebuah hamparan lahan datar dengan dikelilingi dengan lahan ladang pertanian. Lahan situs dengan bentuk persegi empat memanjang. Struktur bangunan berada di tengah-tengah, dan di pinggir sepanjang areal, menyebar dan tidak beraturan. Setiap bangunan struktur memiliki kesamaan/kemiripan artefak yakni terdiri dari meja altar dan dengan batu atau serpihan batu berdiri (menhir) yang disebut dengan nama Ture (bahasa lokal) oleh masyarakat. Pada pinggir areal tersusun serpihan-serpihan batu yang berfungsi sebagai pembatas situs.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbali/inventarisasi-cagar-budaya-di-kabupaten-ngada-nusa-tenggara-timur/
Comments
Loading...