Situs Tosalama Sulawesi Barat

0 37

Lokasi Situs Tosalama

Situs Tosalama terletak di Lingkungan Paggiling Kelurahan Tinambung Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Situs Tosalama

Makam yang terdapat di kompleks ini sebanyak 4 buah dan salah satu diantaranya telah diberi cangkup berupa atap seng bahkan nisan yang diberi kelambu. Kondisi fisik makam ini masih baik dan nampaknya selalu mendapat perawatan.

Yang menarik dari kompleks makam ini adalah adanya satu buah makam yang tidak memperlihatkan ciri suatu makam Islam, dan makam ini makam tokoh utama yang dimakamkan dalam kompleks tersebut. Informasi lisan yang diperoleh dari masyarakat setempat menyebutkan bahwa Tosalama ini adalah seorang yang sangat sakti dan pemberani dari Kerajaan Balanipa.

Bentuk makamnya sangat khas berorientasi utara selatan sebagaimana layaknya Makam Islam, namun bentuknya bundar dari batu karang putih dengan diameter 60 cm dan di tengah bundaran yang merupakan jirat makam ditancapkan sebuah nisan dengan ukuran yang sangat besar hampir sebesar jirat makam. Nisannya berupa nisan balok menyerupai Gada dengan puncak datar tanpa mahkota. Ukuran nisannya sebagai berikut : Tinggi 82 cm, diameter 55 cm.

Unsur estetika yang nampak pada nisan hanya karena terdapat 8 bingkai atau bidang pada badan nisan. Inskripsi dan pola hias tidak ditemukan sama sekali. Makam lainnya yaitu yang berada di sebelah kiri makam ini tidak nampak lagi ciri-ciri kekunoan karena sudah diplester semen dengan nisan yang berbentuk pipih. Makam-makam tersebut pada hari-hari tertentu senantiasa mendapat kunjungan dari daerah Mandar maupun daerah lainnya karena diyakini sebagai makam tokoh yang dapat mengabulkan segala harapan dan keinginan manusia.

Source https://disbudparpolman.weebly.com/index.html https://disbudparpolman.weebly.com/situs-cagar-budaya.html
Comments
Loading...