Situs Tosalama Beluwu Sulawesi Barat

0 53

Lokasi Situs Tosalama Beluwu

Situs Tosalama Beluwu terletak di Desa Mapilli Barat Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat. 

Situs Tosalama Beluwu

Syekh Muhammad Idris adalah salah seorang penyiar agama Islam yang terkenal di Tanah Mandar olehnya itu beliau diberikan gelar Tosalama. Tosalama terdiri dari dua kata yaotu To yang berarti Orang Salama yang berarti Selamat.  Jadi Tosalama berarti Orang yang Selamat sedangkan Beluwu adalah nama sebuah perkampungan kecil.

Di kompleks Makam kuno tersebut terdpat sebanyak 89 buah bangunan makam, 19 buah diantaranya berukuran relatif besar dengan bangunan jirat berorientasi Utara ke Selatan. Bangunan makam itu delapan (8) buah diantaranya jirat makam dan nisannya dipahat menyatu padajiratnya. Tipe ini umumnya tanpa hiasan baik Floraistis maupun geometris dua (2) buah jirat yang lain berbentuk massif.

Adapun ukuran jirat terbesar yaitu pnjag 1 meter, lebar 41 cm, dsan tinggi 117 cm sedangkan jirat yang berukuran sedang memiliki panjang 62 cm, lebar 11 cm, dan tinggi 50 cm dan jirat yang berukuran kecil memiliki panjang 40 cm, lebar 19 cm dan tinggi 33 cm. Klasifikasi nisan yang rekam sebanyak empat buah, masing – masing berbentuk dasarbalaok dan pipih. Nisan – nisan pipih dan nisan balok dalam bentuk gadah tidak berbeda jauh dengan yang terdapat pada situs lainnya, umunya terbuat dari bahan batu karang.

Source https://disbudparpolman.weebly.com/index.html https://disbudparpolman.weebly.com/situs-cagar-budaya.html
Comments
Loading...