Situs Tondowongso Kediri

0 306

Lokasi Situs Tondowongso

Situs Tondowongso terletak di Gayam, Gurah, Kediri, Jawa Timur 64181.

Situs Tondowongso

Situs Tondowongso Kediri merupakan sebuah situs peninggalan dari abad XI. Saat itu adalah periode Kerajaan Kediri awal yang merupakan kerajaan tertua di wilayah Jawa Timur, sebelum munculnya Kerajaan Singosari dan Majapahit. Melangkahkan kaki mendekati area tengah Situs Tondowongso Kediri, yang tersisa hanyalah bekas bekas galian kegiatan ekskavasi yang telah terbengkalai, sebagian terendam air hujan dan dibiarkan merana terpapar cuaca tropis yang kerap ekstrem. Ada yang dipagari dengan bilah-bilah bambu yang sudah terlihat kusam dimakan cuaca.

Struktur dinding bata Situs Tondowongso Kediri yang bagian bawahnya telah terendam air. Ini tampaknya bagian dari struktur dinding dari utara ke selatan yang tertimbun lava dari letusan Gunung Kelud pada kurun waktu 1300-1500 M. Hasil pengukuran Tim Balai Arkeologi Yogyakarta menyebutkan bahwa dinding timur situs ini tebalnya 170 cm.

Di Situs Tondowongso Kediri ini juga ditemukan Arca Nandi pada 19 Januari 2007, serta Lingga Yoni pada 26 Januari tahun yang sama, serta beberapa buah patung lainnya yang utuh maupun tidak. Sebenarnya Prof. Soekmono pernah menemukan satu arca pada 1957 di tempat ini, hanya saja sepertinya tidak dilakukan pelitian lanjutan yang lebih mendalam.

Struktur batuan yang menyerupai batu candi, serta dinding batu bata di ujung sana. Diduga di Situs Tondowongso Kediri terdapat candi utama dan candi perwara. Dugaan ini terkait ditemukannya sejumlah arca di lokasi seluas lebih dari satu hektar ini. Pagar gugus candi itu menurut pengukuran Tim Balai Arkeologi Yogyakarta memiliki ketebalan 90 cm.

Selain penemuan Arca Dewa Siwa berkepala empat, di Situs Tondowongso Kediri juga ditemukan dua arca Dewa Candra yang dianggap sebagai dewa kesuburan, Arca Dewa Surya, dan dua arca Nandi. Ada pula Yoni setinggi 28 cm terbuat batu putih yang halus pengerjaannya, dengan cerat yang disangga kepala naga seperti di Makam Tumenggung Poesponegoro.

Temuan lainnya di Situs Tondowongso Kediri adalah Lingga, Arca Ardhanari, Arca Durga Mahesasuramardini, Resi Agastya, Nandiswara, fragmen kepala dan kaki arca. Ardhanari adalah arca yang melambang persatuan Siwa dengan Parwati. Penemuan kesemua arca serta Lingga Yoni itu memberi petunjuk tempat ini adalah kompleks candi Hindu Siwa.

Source https://www.thearoengbinangproject.com/ https://www.thearoengbinangproject.com/situs-tondowongso-kediri/
Comments
Loading...