Situs Tondon Sulawesi Selatan

0 51

Lokasi Situs Tondon

Situs Tondon terletak di Dusun Tondon, Desa Tokkonan, Kecamatan Enrekang, Sulawesi Selatan.

Situs Tondon

Untuk menuju ke situs, dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat melalui lereng gunung dengan kondisi jalan rintisan yang sebagian besar berupa pengerasan, berkelok di antara gugusan gunung dan lembah yang ada di sekitarnya.

Situs Tondon berada di puncak Bukit Buttu yang diapit oleh dua sungai.Di sebelah barat laut, terdapat Sungai Mata Alloyang jaraknya sekitar 1 km dari situs.Di sebelah tenggara terdapat Sungai Datte yang juga jaraknya sekitar 1 km dari situs.Kedua sungai tersebut bertemu di sebelah barat daya yang merupakan cabang aliran sungai Saddang. Jarak pertemuan kedua sungai tersebut dari situs sekitar 2,2 km.

Situs Tondon merupakan situs gunung berupa hamparan batuan andesit dengan berbagai bentuk goresan pada permukaannya. Sesuai nama Tondon sebagai tempat ketinggian, sehingga ketika berada di puncak (situs) akan terlihat beberapa perkampungan seperti Kaluppini (sebelah timur), Ranga (sebelah tenggara), Bambapuang (barat laut), Pappi (sebelah barat), Kota Enrekang (selatan), dan Kampung Sarong (utara).

Jarak situs dari jalan pengerasan sekitar ±300 m dengan kondisi jalan yang menanjak.Untuk menuju ke situs berjalan kaki melewati pemukiman dan perkebunan yang banyak ditumbuhi pohon coklat, pohon jati, pohon mangga, pohon bambu dan pohon nira. Topografi situs terdiri atas permukaan tanah yang bergelombang dengan gunung dan lembah di sekelilingnya. Pada lereng-lereng gunung berterap yang dilalui ketika akan menuju puncak, ditemukan sebaran fragmen gerabah yang cukup padat. Sejumlah temuan fragmen gerabah (pecahan wadah dari tanah liat) mengindikasikan adanya proses transformasi dari sisa okupasi manusia pada masa lalu.

Pada saat akan mencapai puncak, terdapat terap-terap batu yang sengaja disusun sebagai tangga. Ketika berada pada tangga tersebut, para pengunjung diharuskan melepas alas kaki. Pintu menuju puncak terletak pada sisi barat daya. Panjang hamparan batuan tersebut adalah 264 m dengan lebar 80 m, namun sebagian telah tertutup rimbunan semak belukar. Tinggi batu tersebut dari permukaan tanah 6 sampai 10 m. Di permukaan batuan indikasi arkeologis yang terlihat yakni goresan batudengan variasi bentuk, batu berlubang, lumpang batu.

Source http://www.arkeologi-sulawesi.com//index.php http://www.arkeologi-sulawesi.com//berita-142/situs-tondon.html
Comments
Loading...