Situs Toamakaka Allung Sulawesi Barat

0 57

Lokasi Situs Toamakaka Allung

Situs Toamakaka Allung terletak di desa Patampanua Kecamatan Matakali Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Situs Toamakaka Allung

Situs Tomakaka Allung terletak di atas batu (gua – gua batu). Wadah makam dibuat dari kayu berbentuk persegi empat panjang. Teknik pembuatan dilakukan dengan memahat kayu pada bagian tengah, sampai membentuk lubang, dan bagian atas dibuatpenutup yang bahannya juga dari kayu.

Temuan makam di kompleks tersebut, ada dua buah. Tokoh atau orang yang dimakamkan di lokasi pemakaman tersebut tidak diketahui lagi, dan bentuk pemakaman dilakukan dengan system pemakaman kedua (secondary burial).

Ragam hias pada wadah makam berupa erong yang oleh masyarakat Mandar menyebut Allung, berupa garis – garis dan bentuk ekor binatang pada salah satu bagiannya. Kompleks Makam itu sampai sekarang tetap terpelihara. Ukuran Allung, pada pemakaman tersebut, adalah : Allung I, berukuran panjang 250 cm, lebar 50 cm dengan ketinggian (tinggi Allung) 47 cm. Allung II berukuran panjang 200 cm, lebar 50 cm dan tinggi 48 cm.

Source http://budparpolewalimandar.blogspot.co.id/ http://budparpolewalimandar.blogspot.co.id/2011/03/situs-toamakaka-allung.html
Comments
Loading...