Situs Timooni Sulawesi Selatan

0 89

Situs Timooni

Secara administrasi kampung Timo’oni, berada ± 1.5 Km sebelah barat laut dari ibukota Kecamatan Rampi (Onondowa). Untuk menuju situs hanya dapat diakses dengan berjalan kaki melewati jalan setapak dan pematang sawah. Areal situs didominasi oleh persawahan terutama di sisi selatan dan sebagian kecil masih berupa semak belukar dan padang rumput.

Di situs ini terdapat 2 jenis temuan yaitu lokasi temuan fragmen wadah tempayan dan 2 arca yang terbuat dari batu. Menurut informasi Bapak Tokei Mohale bahwa di wilayah ini terdapat 3 buah arca, akan tetapi satu arca sudah tidak ditemukan kemungkinan tertimbun longsoran tanah dari bukit yang terdapat di sisi timur laut situs

Wadah Tempayan

Secara astronomis terletak pada 2O 6’ 54,3” LS dan 120O 17’ 29,7” BT dengan ketinggian 981 mdpl (GPS Garmin 60 CSX). Untuk menuju lokasi hanya dapat diakses dengan berjalan kaki menelusuri jalan setapak, menyeberangi Sungai Mokoka (salah satu anak Sungai Lariang) dan melewati daerah persawahan. Lokasi situs merupakan bekas areal persawahan yang sekarang beralih fungsi menjadi lahan perkebunan sayur-sayuran. Terletak persis di bibir tebing dekat rumah kebun milik Bapak Zakaria (39 tahun) yang juga merupakan pemilik lahan situs.

Jenis temuan berupa wadah tempayan yang diduga sebagai wadah penguburan. Selain itu juga ditemukan fragmen tembikar yang diperkirakan tidak difungsikan wadah penguburan akan tetapi sebagai wadah untuk keperluan sehari-hari. Tempayan ini ditemukan oleh pemilik lahan ketika sedang menggarap lahannya. Jumlah tempayan yang ditemukan sebanyak 2 buah, satu buah pecah hingga puluhan fragmen dan tempayan lainnya pecah menjadi 4 bagian sehingga memudahkan untuk merekonstruksi bentuk tempayan (lihat gambar di bawah). Bentuk Menurut keterangan Bapak Zakaria Ketika ditemukan tempayan ini dalam keadaan tertutup oleh lempengan batu berbentuk bulat Tidak memiliki ukiran.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/situs-timooni-merupakan-salah-satu-situs-yang-terdapat-di-desa-onondowa-kec-rampi-kab-luwu-utara/
Comments
Loading...