Situs Tempurejo Magelang

0 271

Lokasi Situs Tempurejo

Situs candi Tempurejo yang berada di dusun samirejo II, desa Tempurejo, Kec. Tempuran, Magelang Jawa Tengah.

Situs Tempurejo

Tempurejo yang dijadiakan bahan bangunan

Bicara soal percandian ataupun peninggalan purbakal masa klasik di kota magelang secara khususnya, tentu akan sangat sulit untuk indahkan. Sebab perlu dicatat bahwa, Magelang termasuk pusat peradapan umat hindu ataupun Budha sejak abad ke 9 lalu. Tentu bukan barang yang langka kalah salah sebuah kecamatan, desa hingga Dusun di Kota ataupun Kabupaten yang diapit tujuh gunung ini (tujuh gunung, yaitu Sumbing, Merapi, Sindoro, Prahu, Ungaran, Telomoyo dan Merbabu). Kota ini memang banyak sekali di temukkan sisa bangunan candi. salah satu bukti penyebaran situs candi ini ialah, Situs Tempurejo.

Situs Tempurejo ini ditemukan sejaman dengan penemuan Candi di Samberan, tepatnya di awal tahun 2002 candi ini dahulu ditemuakn ketika pemilik lahan hendak menebang pohon, namun di bawah pohon tersebut malah menemukan banyak batu bata berukuran besar. Hingga puncaknya banyak wartawan yang datang untuk meliput situs ini, bahkan tidak sedikit yang membawa batu candi nya untuk oleh2.

Singkat cerita, dikarenakan batu bata tersebut tidak di rawat oleh pemerintah, pemilik lahan menggunakan batu bata tersebut untuk pondasi rumahnya. Mengingat penemuan dan sisa peninggalan di situs ini sangatlah minim, tentu sangat sulit mengetahui bentuk asal, keagaamaan ataupun tahun pembuatan situs ini. Namun dari informasi dilapangan bahwa dahulu selain ditemukannya banyak batu bata kuno disitus ini, ternyata terdapat pula beberapa batu berukir. Sayangnya batu tersebut banyak diambil oleh warga sekitar dan juga penduduk luar yang datang mengunjungi situ sini.

Source Situs Tempurejo Magelang Magelang
Comments
Loading...