situsbudaya.id

Situs Teluk Majelis Jambi

0 18

Lokasi Situs Teluk Majelis

Situs Teluk Majelis terletak di Dusun 05, Parit 19, Rt. 19, Kecamatan Kuala Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi. 

Situs Teluk Majelis

Situs Teluk Majelis merupakan salah satu situs purbakala di Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang memiliki potensi tinggalan pecahan bata dan pecahan keramik pada kedalaman kurang lebih 10 cm dengan kondisi struktur bata terlihat intak yang masih tersusun. Situs ini berada pada lokasi lingkungan yang ditanami pohon kelapa, pisang, pinang dan sawit yang merupakan dataran rendah atau tanah gambut.

Temuan struktur bata dan keramik berawal dari informasi seorang warga yang bernama Gani umur 45 tahun yang beralamat di Jalan Trio Perkasa No. 38 RT. 008/002 Kelurahan Tanjung Solok, Kecamatan  Kuala Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Hasil Peninjauan di lokasi tepatnya di Parit 13, RT. 19 Dusun 05 di ladang milik Sahroni  (50 tahun) yang  jaraknya kurang lebih  1 km ke arah selatan dari parit 13

Menurut informasi lahan ini dibuka oleh orang melayu, bugis dan jawa pada tahun 1950-an. Pada awalnya tahun 1970-an lahan tersebut digarap sebagai persawahan dan tanpa segaja warga menemukan gundukan tanah setinggi kurang lebih 1 meter. Gundukan tanah tersebut ternyata banyak berisi bata. Oleh warga setempat  bata-bata utuh yang jumlahnya berkisar  200-an  diambil dan dimanfaatkan  sebagai tungku untuk memasak.

Dari sisa bata yang ada di lokasi menunjukkan bahwa bata yang ditemukan  merupakan bata kuno yang memiliki ketebalan 6 cm. Sedangkan temuan pecahan keramik dan tembikar dari hasil indentifikasi merupakan pecahan wadah mangkuk, guci, tempayan, piring, kendi dan periuk. Pertanggalan keramik mencirikan keramik buatan dari Cina dari masa Dinasti Sung, Yuan dan Qing.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi/2017/01/24/situs-teluk-majelis/
Comments
Loading...