Situs Tadulako Sulawesi Tengah

0 85

Lokasi Situs Tadulako

Situs Tadulako di desa Doda, kecamatan Lore Tengah, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Situs Tadulako

Nama Tadulako diartikan panglima perang. Arca Tadulako memiliki tinggi 2.20 meter, berbentuk agak lonjong, dengan gambaran wajah dan mata agak miring. Karena tidak diketahui asal-usulnya, penduduk setempat menciptakan beberapa legenda tentang arca ini. Konon, arca ini  adalah seorang panglima perang. Karena suatu kesalahan, ia dikutuk menjadi batu.

Versi lainnya Kata “Tadulako” berasal dari dua kata “Tadu” atau “Padu” berarti “Tumit” dan “Lako” atau “Dako” yang berarti sumber atau asal muasal. Sehingga pengertian Tadulako bermakna “Tumpuan yang berasal atau bersumber pada tumit”. Kemudian pengertian ini bermetamorfosis dan memunculkan makna yang lebih familiar “Pemimpin”.

Situs Tadulako terletak diperbukitan dan memiliki sebaran tinggalan megalitik yang cukup banyak dengan tinggalan yang beragam seperti, Kalamba sebanyak 11 (sebelas) buah, tutup kalamba berjumlah 2 (dua) buah, arca batu 2 (duat) buah, batu dakon 9 (sembilan) buah, meja altar 4 (empat) buah, batu bergores 3 (tiga) buah, dan penyangga altar 1 (satu) buah. Semua tinggalan megalitik tersebut, terkonsentrasi hampir merata di situs Tadulako.

Arca batu yang terdapat di situs ini, dua buah dalam posisi berdiri tegak dan satu buah dalam posisi terbaring. Satu buah arca digambarkan dalam bentuk manusia setengah badan tanpa kaki, dengan arah hadap utara, arca pertama mempunyai ukuran tinggi, 207 cm, lebar badan 75 cm, muka manusia digambarkan dalam bentuk bulat, mata melotot, alis dan hidung menyatu, dua buah telinga berbentuk bulat, buah dada menonjol, kedua tangan dilipat didepan perut.

Arca ini berdiri ditengah padang, masyarakat sekitar memberi nama arca ini adalah arca Tadulako.Sedangkan arca yang ke dua dalam posisi tidur, arca ini disebut arca dua wajah, karena mempunyai wajah dua, hanya terdapat hidung dan mata dengan ukuran panjang 235 x lebar badan 125. Kalamba yang terdapat di situs ini letaknya tersusun rapi, dan salah satunya mempunyai penutup. Adapun batas-batas dari Situs Tadulako adalah, Bagian Utara berbatasan dengan sungai kebun, arah Selatan berbatasan  dengan sawah, arah Timur berbatasan dengan sawah, dan arah Barat berbatasan dengan sawah.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbgorontalo/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbgorontalo/arca-tadulako/
Comments
Loading...