Situs Sumur Lise

0 59

Sumur Lise

Sumur Lise atau “Bujung Sumpuru Bessi” adalah sumur/ mata air yang timbul dari dalam tanah dengan kejadian yang luar biasa. Sumur tersebut berbentuk bundar dan kondisi sekarang sudah dibeton dengan diameter kurang lebih 3 meter. Bahan dasar sumur tersebut terbuat dari tanah liat, pasir, batu bata dan beton dengan lantai daras berbentuk persegi empat berukuran 4 X 4 meter di beton. Warna airnya bening bersih dan tidak pernah surut walaupun musim kemarau panjang. Sumur tersebut sampai saat ini tetap digunakan oleh masyarakat setempat untuk keperluan sehari-hari dan terletak di titik koordinat S 04.06. 374 “, E119. 82. 230 ” dengan elevasi atau berada di ketinggian 66 meter dari permukaan laut ( pdl ). Luas areal situs tersebut berukuran sekitar 100 meter persegi.

Sumur Lise terletak di desa Lise, kecamatan Panca lautang Kabupaten Sidenreng Rappang propinsi Sulawesi-Selatan dengan jarak kurang lebih 17 kilometer dari ibukota kabupaten kota pangkajene. Menurut cerita masyarakat bahwa terjadinya sumur Lise ini karena tancapan tombak milik Kapitang Bolong ke tanah yang pada waktu itu kapitang Bolong sedang duduk beristirahat dibawah pohon sehabis pulang dari peperangan melawan tentara Kolonial Belanda yang pada masa itu Kapitang Bolong adalah selaku panglima perang kerajaan Sidenreng.

Kejadian ini terjadi sekitar akhir abad ke- 19 dan kemudian setelah tombak kapitang Bolong dicabut maka keluarlah air yang memancar dari dalam tanah dan mengalir terus menerus sehingga orang membendung dan dibuatlah sumur untuk menampung luapan air tersebut hingga sekarang dijadikan sumur/ mata air bagi penduduk setempat. Sampai sekarang masyarakat setempat dan penduduk pendatang ramai mendatangi situs tersebut dan disakralkan dan biasanya orang membuang uang koin ke dalam sumur tersebut.

Source http://cagar-budaya-sidrap.blogspot.com http://cagar-budaya-sidrap.blogspot.com/search?updated-max=2016-06-06T19:18:00-07:00&max-results=1&start=15&by-date=false
Comments
Loading...