Situs Semen Kediri

0 384

Lokasi Situs Semen

Situs Semen yang berada di Jaten Desa Semen Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Jawa Timur.

Situs Semen

Situs Semen dipercayai pernah menjadi peradaban besar pada massanya. Hal ini terlihat dari adanya stempel Raja Erlangga dengan simbol Dewa Wisnu menaiki Garuda.

Situs Semen merupakan salah satu situs yang dilindungi oleh Pemerintah Daerah. Pasalnya, situs ini merupakan peninggalan Purbakala yang dianggap tertua di Jawa Timur. Menurut Mbah Djudi juru kunci situs tersebut mengungkapkan tanda Purbakala tertua itu dari Narasinga yang masih utuh di Situs tersebut. Selain itu, Pohon Lo yang diketahui hanya ada di situs tersebut, masih tumbuh berdiri tegak di sekitar kawasan Situs Semen.

Narasinga atau dalam bahasa Indonesianya dua singa itu hanya ada di Kediri. Bahkan, di seluruh Jawa Timur yang memilika Narasinga itu hanya di sini (Situs Semen-red),

Entah apakah benar situs tersebut menjadi situs tertua atau hanya mitos saja. Pasalnya, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim di Trowulan, Mojokerto belum memberikan kepastian berapa umur dari situs tersebut. Saat ini masih diteliti dari BPCB. Jadi belum diketahui usia dari situs ini.

Situs Semen yang secara resmi baru diketahui keberadaannya oleh masyarakat sekitar pada tahun 2009 itu, menyimpan banyak misteri. Terutama, menjadi fakta sejarah kejayaan Kediri di zamannya yang pernah menjadi peradaban paling maju. Bahkan, dari berbagai literatur sejarah menyatakan Kediri menjadi pelabuhan utama bagi pedagang-pedagang di China dan Hindia.

Bahkan, ada sejarawan dari Bali yang sempat ingin membeli Narasinga tersebut dengan nilai hampir 600 miliar. Namun, usaha mereka gagal, karena Narasinga sendiri enggan berpindah dari tempat tersebut.

Source Situs Semen Kediri Kediri
Comments
Loading...