Situs Semen Kediri

0 167

Situs Semen

Desa Semen Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri terletak di sisi utara Kota Kediri. Jaraknya sekitar 15 km dari Kota Kediri. Di desa ini terdapat sebuah situs sejarah yang dinamakan Situs Semen yang jika ditempuh dengan bersepeda angin dari Kota Kediri dapat dicapai sekitar 20-30 menit perjalanan.

Situs ini merupakan peninggalan kerajaan Dhaha Kediri yang berupa kompleks Kolam pemandian dengan tiga buah arca peninggalan di dalamnya. Ketiga arca itu adalah sepasang arca naga yang kemungkinan berfungsi sebagai pintu gerbang kompleks. Patung naga ini kemungkinan juga merupakan sepasang pancuran air, karena terlihat jelas ada bekas saluran air dari belakang arca yang bermuara ke mulut naga.

Arca ketiga adalah sebuah patung berbentuk manusia yang diperkirakan menggambarkan Garuda Wisnu. Kondisi arca ini rusak agak parah karena sisi kepala arca hilang. Arca ini diperkirakan adalah sebuah hiasan ataupun tempat pemujaan pada jamannya. Disebelah timur ketiga arca ini ada sebuah sendang pemandian yang kemungkinan adalah pemandian para bangsawan jaman dahulu.

Karena baru digali dan dipublikasikan tahun 2009, maka kondisi kompleks belum begitu baik. Jalan menuju ke sana berupa jalan sawah / galengan yang jika hujan sangar licin dan becek. Jembatan menuju situs juga masih sangat sederhana berupa jembatan bambu/sesek. Semoga ke depan dapat dipugar dan dapat terlihat konstruksi kompleks bangunan yang diperkirakan masih luas, karena di beberapa tempat ditemukan susunan bata yang merupakan tembok situs pemandian.

Source https://zonaekspresi.wordpress.com https://zonaekspresi.wordpress.com/2012/03/17/situs-sejarah-kediri/
Comments
Loading...