Situs Selo Gilang Bantul

0 343

Lokasi Situs Selo Gilang

Terletak di Dusun Janggan, Gilangharjo, Pandak, Bantul, Yogyakarta.

Situs Selo Gilang

Selo atau sela adalah bahasa Jawa yang berarti batu, sedangkan gilang artinya batu datar yang digunakan untuk duduk, beristirahat, atau bersemedi. Ada pula yang mengartikan gilang sebagai cahaya cemerlang.

Selo Gilang

Situs Selo Gilang masih dipercaya sebagian masyarakat sebagai sarana mendekatkan diri mereka kepada Gusti Allah, sehingga setiap Rabu Legi banyak peziarah yang datang untuk melakukan dzikir dan tuguran tirakatan di tempat ini. Ada juga yang datang pada malam Jumat Kliwon dan malam Selasa Kliwon.

Bangunan Situs Selo Gilang

Di dalam bangunan berbentuk segi empat dengan atap limasan ini tersimpan Selo Gilang. Cerobong asap yang mecuat pada atap bagian depan memberi indikasi bahwa di dalam bangunan Situs Selo Gilang ini kerap dibakar dupa.

Di kiri kanan bangunan terdapat gentong rendah berisi air yang digunakan peziarah untuk bersuci sebelum masuk ke dalam Situs Selo Gilang. Teras bangunan tampaknya tidak mampu menampung para peziarah, sehingga dibuatlah naungan sederhana terbuat dari sambungan pipa besi beratap plastik atau seng, serta berlantai papan yang diberi alas tikar atau karpet. Naungan ini fungsional namun sangat merusak harmoni situs. Situs Selo Gilang di Gilangharjo juga merupakan peninggalan Sutawijaya, raja pertama Kerajaan Mataram Islam.

Di tengah ruangan, dikelilingi kelambu putih tembus pandang, Selo Gilang itu terlihat ditutup bagian atasnya dengan kain mori putih penuh tebaran bunga, yang sebagian telah mulai mengering. Selo Gilang itu diletakkan di atas dudukan semen halus mulus mengkilap yang lebar dan tinggi. Selo Gilang yang dipercaya merupakan ‘batu hidup’.

 

Source Situs Selo Gilang Bantul Bantul
Comments
Loading...