Situs Sela Melayu Selayar Sulawesi Selatan

0 46

Lokasi Situs Sela Melayu Selayar

Situs Sela Melayu Selayar terletak di Selayar, Sulawesi Selatan.

Situs Sela Melayu Selayar

Bekas pusat pemukiman di masa awal pertumbuhan Kerajaan Buki tersebut adalah kebun kelapa yang dibudi daya oleh penduduk sekarang. Vegetasi lain yang tumbuh di situs ini, antara lain melinjo, kenari, mangga dan tumbuhan perdu yang cukup rimbun.

Indikasi arkeologis (khususnya variabel pemukiman) yang dijumpai  pada permukaan situs, yaitu sumur kuno dan artefak (fragmen keramik, gerabah) serta sisa-sisa makanan berupa fragmen dan utuhan kerang-kerang laut, seperti kerang jenis arcidae, veneridae, strombidae dan lain-lain. Dari sudut daya dukung lingkungan, situs ini didukung oleh adanya aliran sungai Bohe yang mengalir di sebelah utara situs juga unsur hara tanah di daerah ini cukup mendukung dalam pertumbuhan beberapa jenis tanaman penunjang kehidupan manusia di masa itu.

Hal lain yang dijumpai pada permukaan situs, yaitu adanya bekas-bekas lubang penggalian liar (ilegal) untuk mencari barang-barang antik dari sejak tahun 60-an hingga masa sekarang. Dari sisa-sisa penggalian liar itulah meninggalkan pecahan artefak dan non-artefak. Sebaran temuan pada permukaan mencapai kisaran kurang lebih 500 meter persegi.

Sesuai keterangan bapak Zainuddin (mantan penilik kebudayaan) sebagai salah satu tokoh masayrakat Buki, bahwa sebelum pusat Kerajaan Buki menempati lokasi di puncak bukit, lokasi pusat pemukimannya terletak di situs Sela Melayu.

Source http://www.arkeologi-sulawesi.com//index.php http://www.arkeologi-sulawesi.com//berita-46/situs-sela-melayu-selayar.html
Comments
Loading...