Situs sejarah Makam Ronggosukowati

0 272

Situs sejarah Makam Ronggosukowati

Situs sejarah Makam Ronggosukowati ternyata tidak hanya menyimpan sejarah tentang Keraton Mandilaras, tetapi juga Kabupaten Pamekasan di awal terbentuknya.

Kompleks pemakaman yang kadang dijadikan pelarian oleh para pejabat Pemkab ketika ada demo ini tidak terlihat seperti bagian luarnya. Dari luar, masyarakat yang lewat mungkin hanya melihat komplek Tempat Pemakaman Umum (TPU) terlihat terbengkalai dan tak terawat.

Namun ketika pengunjung masuk ke komplek pemakaman, akan terlihat pemakaman layaknya makam yang menyimpan banyak sejarah. Di dekat makam Pangeran Ronggosukowati terdapat silsilah kerajaan Mandilaras yang dipimpin olehnya.

Sedangkan di dekat pintu masuk, terdapat makam bupati pertama Kab. Pamekasan, Raden Alsari atau R.A.T. Tjokro Adiningrat I. Bupati Pamekasan pertama yang berjuluk Ghung Seppo ini dimakamkan bersama istrinya, juga Raden Bilat, wakilnya.

Raden Alsari sendiri merupakan mertua dari Pakubuwono IV, raja keraton Surakarta Solo. Di balik ketidakterawatan kompleks pemakaman Pangeran Ronggosukowati, siapa sangka ternyata menyimpan banyak sejarah tentang kota Pamekasan yang ada sekarang.

Source https://www.emadura.com https://www.emadura.com/2015/01/makam-bupati-pertama-pamekasan-di-kompleks-pemakaman-ronggosukowati.html
Comments
Loading...