Situs Rumah Pengasingan Bung Karno

0 271

Lokasi Situs Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah Pengasingan ini terletak di Jalan Perwira, Kelurahan Kotaraja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Situs Rumah Pengasingan Bung Karno

Situs sejarah tempat pengasingan bung karno ini bermula dari sebuah Surat Keputusan Pemerintah Hindia Belanda tertanggal 28 Desember 1933 yang membuat Soekarno (Bung Karno) yang saat itu berusia 35 tahun harus menjalani hukuman pembuangan sebagai tahanan politik di Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Selama 8 hari pelayaran dari Surabaya dan dikawal dua orang petugas pemerintah, tibalah Bung Karno dan keluarganya di Ende. Ia langsung dimasukkan dalam tahanan rumah milik pemerintah Hindia Belanda hingga akhirnya tinggal di rumah milik Haji Abdullah Ambuwaru. Di rumah pengasingan ini, Bung Karno bersama istrinya Inggit Ganarsih, mertuanya Ibu Amsih, dan dua anak angkatnya Ratna Juami dan Kartika, menghabiskan waktu mereka sebagai tahanam politik dari tahun 1934 hingga 18 Oktober 1938.

Rumah yang menghadap ke timur di Pelabuhan Ende ini awalnya milik Haji Abdullah Ambuwaru yang kemudian dikontrak oleh Bung Karno. Luas bangunannya 9 x 12 meter, memiliki tiga kamar yang berderet di sisi kanannya. Satu kamar tidur untuk Bung Karno, satu kamar untuk Ibu Inggit bersama Ibu Amsih, dan satu kamar lagi untuk ruang tamu.

Di Ende, Bung Karno kehilangan mertuanya Ibu Amsih yang paling menyayangi beliau. Ibu Amsih wafat tahun 1935 dan dimakamkan di Pemakaman Karara, Ende. Karena sayangnya pada mertua, Bung Karno mengerjakan sendiri makam mertuanya tersebut. Bahkan kini makam itu masih dalam keadaan kondisi sangat baik.

Rumah Pengungsian Bung Karno ini telah dibuka untuk umum sejak 16 Mei 1954. Bung Karno sudah tiga kali berkunjung, yaitu tahun 1951, 1954 dan 1957. Tahun 1952 rumah ini pernah dijadikan Kantor Sosial Daerah Flores dan tempat bersidang DPRD Flores. Saat itu, situs peninggalan ini dipelihara oleh Dinas P dan K. Saat ini, perawatannya penuh dipelihara oleh Dinas Budaya dan Pariwisata, dan rumah yang dibangun tahun 1927 ini telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya.

Source Situs Rumah Pengasingan Bung Karno NTT
Comments
Loading...