Situs Rumah Adat Lang Wa NTT

0 290

Lokasi Situs Rumah Adat Lang Wa

Situs Rumah Adat Lang Wa terletak di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

Situs Rumah Adat Lang Wa

Menurut cerita, bahwa nenek moyang orang Takaikul berasal dari Munaseli akibat perang mereka lari sehingga diantara mereka ada keluarga (Kakak beradik) yaitu Letiang dan Moilang. Mereka berdua lari ke arah timur menyeberang masuk ke Koka – Bota (Kokar), terus ke Kabola, Benlelang dan Alila – Bakuka (Takalelang) mereka berpindah – pindah sampai akhirnya tiba di Takaikul.

Dari Takaikul mereka tersebar yaitu 1 keluarga pindah ke Atoita namanya Lumangmau bersama istri Suntang dan Pinitang dengan 2 anak laki – laki, anak sulung namanya Mautakai dan yang bungsu bernama Laumai menjadi suku Lamatamang sampai hari ini. Kedua keluarga ini kemudian membangun sebuah rumah adat bernama Kaoiwah dan mesbah tempat upacara adat adalah Kawaimaita.

Saat ini rumah adat tinggal bekas saja, sedangkan mesbah tetap utuh hingga saat ini. Kemudian dari suku Mantakai sepakat untuk membangun sebuah rumah adat yang diberikan nama Langwah. Kata Langwah terdiri dari 2 suku kata yaitu Lang berarti tempat dan Wah artinya kumpulan atau asal. Jadi Langwah artinya tempat berkumpul atau tempat asal.

Rumah Adat Langwah berbentuk kerucut yang berdiri diatas tempat tiang penyangga dengan atap dua air. Pada bagian bawah rumah sebagai tempat penyimpan air. Panjang rumah 4,5 M; lebar 3,5 M; dan tinggi 8 M. Rung dalam rumah panjangnya 3,5 M; lebar 2,5 M dan tinggi 4,5 M dengan luas ruang dalam 8,75 M. Ruang luar merupakan teras keliling dengan ukuran 1 x 4,5 M. Rumah adat Langwah terbuat dari kayu, bamboo, tali makiling dan alang – alang. Rumah adat Langwah berfungsi :

  • Tempat tinggal
  • Tempat penyimpanan benda – benda pusaka (Gong, Moko, dsb)

Tempat upacara adat, potong kerbau, tempat penikahan, dan penyelesaian adat.

Source http://pariwisata.serverjogja.com/home http://pariwisata.serverjogja.com/objek/245-situs_rumah_adat_lang_wa
Comments
Loading...