Situs Pundeng Lambang Kuning Madiun

0 448

Lokasi Punden Lambang Kuning

Situs bersejarah Punden Lambung Kuning yang terletak di Desa Nglambangan, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, menyimpan berbagai mitos. Salah satu hal yang dikeramatkan di tempat itu adalah tujuh pohon angsana yang diperkirakan sudah berusia ratusan tahun.

Pundeng Lambang Kuning

Ditengah Desa terdapat sebuah situs yaitu Situs Punden Lambang Kuning atau yang lebih dikenal dengan nama Punden Nglambangan. Oleh pemerintah Kabupaten Madiun situs ini telah diakui sebagai peninggalan purbakala, sehingga keberadaanya perlu dilestarikan.

Pohon pohon yang berada dalam komplek situs ini telah berumur ratusan tahun, sehingga suasana dalam komplek situs ini amat tenang dan sejuk. Pada siang hari banyak penduduk desa yang berkumpul dan beristirahat, bahkan sewaktu aku kecil tempat ini adalah tempat pilihan untuk kami bermain, ada yang main kelereng, ayunan, betengan, sepak bola, plantek dan kote’kan yaitu bermain musik dengan cara memukul batu, akar dan beberapa pangkal pohon yang sudah mati merurut iramanya masing masing. Situs ini begitu ramai tidak seperti situs situs lain yang terkesan angker.

Pada setiap tahun di hari Jum’at legi di bulan suro atau Muharam warga desa mengadakan bersihan atau bersih desa. Biasanya digelar pertunjukan wayang kulit pada malam hari, reog dan langen beksan sejenis tayub pada siang harinya, warga desa berduyun-duyun membawa nasi tumpeng untuk selamatan sebagai wujud puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas keselamatan, panen hasil bumi, dan terhindarkan warga desa dari bencana dan wabah penyakit.

Mungkin dari situs ini bisa diteliti kapan Desa Nglambangan ini berdiri, dan sejarah apa saja yang bisa digali serta hubungannya dengan sejarah kerajaan-kerajaan yang pernah ada di pulau jawa, serta bisa dijadikan obyek pariwisata, sehinga dapat menambah penghasilan dan kemajuan pembangunan untuk desa ini. sayang sekali sampai saat ini belum ada perhatian lebih dari pemerintah daerah maupun pusat ke arah itu.

Source Pundeng Lambang Kuning Madiun madiun
Comments
Loading...