situsbudaya.id

Situs Prasasti Kubu Rajo I Tanah Datar

0 76

Lokasi Situs Prasasti Kubu Rajo I

Situs Prasasti Kubu Rajo I terletak di Jl. Jenderal Sudirman No.37, Limo Kaum, Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat 27213.

Situs Prasasti Kubu Rajo I

Situs Prasasti Kubu Rajo I berukuran 1,08 x 30 x 10 cm ini terbuat dari batupasir yang disambung. Situs Prasasti Kubu Rajo I ditemukan pada 1877 dan didaftarkan oleh N.J. Krom dalam “Inventaris der Oudheden in de Padangsche Bovenlanden” (OV 1912:41).

Prasasti Kubu Rajo I merupakan peninggalan Adityawarman, ditulis dengan huruf Jawa Kuno dalam bahasa Sanskerta, dan terdiri atas 16 baris, yaitu:
Om mamia viragara
Advayavarmma
mputra Kanaka
medinindra
sukrta a vila
bdha kusalaprasa
//dhru//maitri karu
na a mudita u
peksa a//yacakka
janakalpatarurupa
mmadana//a??adi
tyavarmma mbhupa kulisa
dharavangsa/o/pra
tiksa avatara
srilokesvara
deva//mai(tra).

Yang jika ditafsirkan: Om mamia viragara (sapaan dalam agama Budha), Dengan ikhlas Putra Adwayawarman, penguasa bumi emas; Dia yang telah menerima hasil dari jasanya; Yang teguh dan penuh dengan belas kasih, yang sabar dan menenangkan; Yang murah hati bagaikan kalpataru yang memenuhi semua keinginan; Adityawarman raja dari keluarga Indra; Reinkarnasi dari Sri Lokeswara; Dewa yang penuh cinta kasih. Batu Prasasti Kubu Rajo I ini sempat hilang pada 1987, namun bisa ditemukan kembali setahun kemudian. Batu tegak di sebelah kiri terlihat seperti sebuah lingga.

Source Situs Prasasti Kubu Rajo I Tanah Datar SumBar
Comments
Loading...