Situs Prasasti Ganggo Hilia Pasaman

0 49

Situs Prasasti Ganggo Hilia

Beberdasarkan kajian Paleografi, dapat disimpulkan bahwa prasasti ini berasal dari abad ke-14-15 M, atau pada masa setelah Adityawarman. Isi prasasti antara lain berupa pengumuman bahwasanya air yang ada dan mengalir dapat diminum dan digunakan, baik oleh manusia (masyarakat) maupun hewan (sapi/lembu). Ganggo Hilia terletak di pinggir sungai Batang Bubus, dekat jembatan, kira-kira 150 meter ke arah timur dari Pasar Bonjol. Prasasti terbuat dari batu andesit tanpa pengolahan.

Pada permukaan batu terdapat inskripsi yang tertulis pada prasasti terdapat pada bagian atas sampai bagian bawah batu pada sisi timur. Batu berupa batu andesit dengan ukuran Prasasti yang dipahatkan pada batu andesit ini, berukuran panjang 110 cm, lebar 115 cm, dan tebal 115 cm. huruf yang dipakai adalah huruf Jawa Kuna berbahasa Sansekerta. Lokasi prasasti saat ini berada 100 m dar tempat semula. Pada bagian tengah prasasti terdapat pahatan dalam huruf latin yang berbunyi “Azwar Anas” Yang ditulis pada tahun 1983.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Pasaman.pdf
Comments
Loading...