Situs Possiq Wanua Sidenreng Sulawesi Selatan

0 37

Lokasi Situs Possiq Wanua Sidenreng

Situs Possiq Wanua Sidenreng terletak di Desa Empagae Kecamatan Watan Sidenreng, Sulawesi Selatan.

Situs Possiq Wanua Sidenreng

Dalam wilayah situs terdapat beberapa lokasi temuan yang terletak saling berjauhan diantaranya situs possiq wanua, kompleks makam, sumur kuna, lumping batu, menhhir, bocco-bocco, dan makam Petta Maupe. Selain juga terdapat sebaran fragmen keramik yang terkonsetrasi di kompleks makam.

Secara astronomis terletak pada 03°56 35.7″ Lintang Selatan dan 119°50 55.4″ Bujur Timur dengan ketinggian 18 meter dari pemukaan laut. Situs ini merupakan sebidang tanah berbentuk segi empat dengan ukuran kurang lebih 24 x 24 meter  yang dikelilingi oleh lahan pertanian (sawah).

Permukaan tempat upacara ini berupa batu yang berbentuk batu nisan, yang memiliki ketinggian sekitar 20 cm di atas teras sawah menurut informasi penduduk setempat, bahwa tempat upacara ini dihubungkan dengan adanya beberapa tempat duduk yang disediakan untuk istirahat dan melakukan pesta ketika hasil panennya melimpah atau ada hal lain yang ingin dicapai. Struktur batu dan semen di dalam situs yang berfungsi sebagai jalan menuju tempat upacara.

Selain sebagai tempat upacara setelah pesta panen, situs ini juga sering kali difungsikan sebagai tempat bermusyawarah membahas masalah pertanian dan sekaligus sebagai tempat pemotongan binatang untuk dikonsumsikan pada situs upacara ini.

Source http://www.arkeologi-sulawesi.com//index.php http://www.arkeologi-sulawesi.com//berita-187/situs-possiq--wanua-sidenreng.html
Comments
Loading...