Situs Plumbon, Desa Grabag

0 266

Lokasi  Situs Plumbon, Desa Grabag

Situs Plumbon terletak di kawasan Candi Umbul, tepatnya dusun Plumbon, desa Grabag Kec Grabag, Magelang, Jawa Tengah.

Situs Plumbon, Desa Grabag

Tak bisa dipungkiri bahwa kawasan seputaran Plumbon ini merupakan peradaban pra sejarah yang cukup besar. Situs Plumbon Ini dibuktikan dengan banyaknya batuan candi yang berserakan, bahkan di pinggir jalan. Yang menjadi sorotan adalah ketika batuan reruntuhan candi dijadikan batu nisan makam “istilah Jawa: kijing”. Ada beberapa spekulasi bahwa batuan candi yang ada di makam umum tersebut karena orang tidak mengetahui bahwa reruntuhan batu candi dikira makam lama. Spekulasi lain mengatakan bila batuan candi yang dijadikan batu nisan tersebut tidak ada jenazahnya, hanya karena berawal ditemukannya batu tersebut di area pemakaman, maka dianggap sebagai batu nisan.

Persebaran batuan candi yang berserakan sangat luput dari perhatian pemerintah yang terkait. Dari pihak pemerintah desa pun kurang adanya pengetahuan maupun perhatian khusus pada benda purbakala. Ini menyebabkan warga kurang apresiatif dan kurang menjaga warisan budaya yang luar biasa di sekitarnya. Namun kadang masyarakat melestarikan foklor ataupun legenda cerita mistis pada tempat yang terdapat benda purbakala tersebut, guna menjaga kelestarian bagian dari kebudayaan setempat. Cukup unik dalam melestarikan kebudayaan situs plumbon, namun tetap efektif.

Ada satu lokasi yang cukup mengesankan dimana diduga terdapat bekas reruntuhan candi yang dinilai cukup komplit, walaupun sudah dijadikan makam. Adanya batuan candi berbentuk tangga yang dapat disimpulkan bentuk dan arah menghadapnya bekas candi tersebut. Kebanyakan bekas peradaban yang berada di Grabag merupakan bekas peradaban Hindu. Kontur tanah yang berbukit menjadikan satu alasan bahwa candi yang berada di puncak bukit diyakini lebih dekat dengan Sang Hyang (Tuhan) saat melakukan ritual keagamaan, sehingga menganggap doa lebih cepat terkabul.
Source Situs Plumbon Desa Grabag Jawa Tengah
Comments
Loading...