Situs Plosorejo Matesih

0 92

Situs Plosorejo

Penemuan situs Plosorejo berupa batu-batu yang disusun dalam bentuk empat persegi panjang maupun batu-batu yang disusun melingkar atau yang disebut watu kandang. Situs ini diperkirakan salah satu peninggalan masa Megalitik. Situs Plosorejo memiliki persamaan dengan temuan Watu Kandang di situs Matesih lainnya seperti di Dusun Ngasinan.

Watu kandang yang ada di Plosorejo mempunyai arah hadap Timur Barat atau mengarah ke Gunung Lawu yang terletak disebelah Timur. Arah hadap ini sesuai dengan anggapan bahwa gunung sebagai tempat suci juga dapat memberi kehidupan baik sawah, ladang, binatang, maupun semua makhluk di dunia.

Situs Plosorejo ini ditemukan dibeberapa dusun, antara lain Dusun Gandu, Dusun Ploso Lor, dan Dusun Ploso Kidul. Beberapa dusun tersebut masuk bagian dari Desa Plosorejo, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar.

  1. Situs Plosorejo yang bearda di Dusun Gandu terdapat lima kelompok susunan batu kandang. Kelompok (1) terdiri dari 12 batu yang membentuk empat persegi panjang; kelompok (2) terdiri dari 9 batu dengan bentuk yang sudah tidak beraturan; kelompok (3) terdiri dari 4 batu dengan bentuk melingkar atau bujur sangkar. Kelompok 4 terdri dari 5 buah batu yang membentuk sebuah lingkaran; kelompok (5) terletak disebelah Selatan batu kandang kelompok pertama, namun beberapa batu sudah hilang dan sisanya tinggal 3 buah dengan susunan tidak beraturan.
  2. Situs Plosorejo di Dusun Ploso Lor terdapat sekelompok batu kandang dn 2 batu besar. Batu kandang ini terdiri dari lima batu yang berbentuk lingkaran dengan orientasi Timur Barat.
  3. Situs Plosorejo di Dusun Ploso Kidul terdapat satu buah batu atau monolith yang cukup besar. Sangat disayangkan batu tersebut sudah mengalami kerusakan yang diakukan oleh manusia.
Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/situs-plosorejo-salah-satu-penemuan-watu-kandang-di-matesih/
Comments
Loading...