Situs Perigi Jodoh Maluku

0 58

Lokai Situs Perigi Jodoh

Situs Perigi Jodoh terletak di Negeri Passo Kecamatan Baguala Kotamadya Ambon, Maluku.

Situs Perigi Jodoh

Perigi Jodoh adalah salah satu pantai. Pantai dinamakan “Perigi Jodoh” karena di pantai ini terdapat 2 buah sumur atau perigi yang telah terbentuk secara alami. Berdasarkan cerita yang berkembang di Masyarakat Negeri Passo. Menurut masyarakat Passo, pada zaman dulu penduduk Negeri Passo yang menetap di sekitar pantai melihat seorang pria dan wanita yang diyakini sebagai pasangan kekasih sedang mandi di 2 buah perigi tersebut. Yang pria mandi di perigi sebelah kiri dan wanita di sebelah kanan. Oleh karena itu, mereka percaya jika mereka dan pasangan mereka mandi di perigi tersebut, maka mereka akan berjodoh.

Selain 2 buah perigi, pantai ini juga memiliki keunikan lain yakni 7 goa peninggalan zaman penjajahan Jepang. 7 goa ini terletak tepat di pesisir pantai. Menurut saksi sejarah (Nenek Nel Nara) ke-7 goa ini diperkirakan di buat pada tahun 1943 karena pada tahun itu juga beliau menjadi tawanan Jepang di goa itu.

Goa ini dibuat dengan tujuan untuk mencegah serangan musuh yang datang dari laut juga sebagai penjara tawanan Jepang. Di dalam 7 goa ini kita dapat menemukan peralatan perang dari zaman penjajahan Passo. Kondisi ke-7goa ini masih sangat bagus. Namun,belum ada perhatian yang khusus dari pemerintah terhadap keberadaan situs bersejarah ini. Padahal, ke-7 goa ini dapat dipakai untuk pembelajaran para generasi muda terhadap jejak-jejak penjajahan Jepang di Maluku.

Saat ini keberadaan pantai ”Perigi Jodoh“ tidak terlalu diketahui oleh masyarakat diluar negeri Passo. Padahal, pantai ”Perigi Jodoh“ memiliki pemandangan yang sangat indah serta pasir putih yang halus dan sangat bersih. Pantai ini layak dikunjungi untuk menghabiskan masa liburan selain pantai-pantai lain yang ada di Maluku.

Source http://juliansoplanit.blogspot.co.id/ http://juliansoplanit.blogspot.co.id/2012/02/sejarah-negri-passo.html
Comments
Loading...