Situs Penghanyut Jambi

0 91

Lokasi Situs Penghanyut

Situs Penghanyut terletak di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi.

Situs Penghanyut

Situs Penghanyut berjarak sekitar 2,5 km dari situs Orang Kayo Hitam dan 2 km dari jalan raya Suak Kandis (Kab. Muaro Jambi – Simpang (Kab. Tanjung Jabung Timur) dan Kantor Kecamatan Berbak, Kabupaten. Tanjung Jabung Timur. Informasi dari warga sekitar, Bapak Kesi, cagar budaya di situs ini banyak ditemukan di dasar sungai penghanyut dan di sekitar bantarannya serta di dalam gundukan tanah di halaman rumahnya.

Menurut Penuturan Bapak Kesi, pada saat membuka lahan disekitar halaman rumah, terdapat suatu gundukan tanah dan gundukan tanah tersebut diratakan untuk dibuat tempat kandang sapi peliharaannya. Di dalam gundukan tanah tersebut ditemukan benda-benda cagar budaya seperti gerabah dari tanah liat, keramik berasal dari cina dan sebuah arca logam. Akibat ketidaktahuan akan cagar budaya, beberapa gerabah dan keramik dibuang, sedangkan arca logam sudah berpindahtangan. Pada saat ini temuan gerabah dan keramik cina masih dapat dijumpai persebarannya di halaman warga dan bantaran sungai Penghanyut.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi/2017/01/17/situs-penghanyut/
Comments
Loading...