Situs Pekauman Bondowoso

0 150

Lokasi Situs Pekauman

Situs Pekauman letaknya cukup strategis yaitu berada di Desa Pekauman Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Situs Pekauman

Di Situs Pekauman tersebut banyak sekali temuan-temuan barang peninggalan pra-sejarah yang sampai sekarang tetap terjaga utuh, seperti kubur batu, pondasi rumah batu, batu kenong, sarkofagus dan yang paling terkenal di Situs Pekauman adalah menhir yang biasa masyarakat menyebutnya dengan Beto Nyai.

Koleksi Situs Pekauman :

  1. Arca Menhir
    Arca Menhir adalah sebuah batu besar yang dipahat dalam bentuk manusia. Arca Menhir didirikan untuk memperingati orang yang sudah meninggal dan sekaligus lambang bagi orang yang sudah meninggal tersebut, sehingga menjadi benda pujaan.
  2. Sarkofagus
    Sarkofagus adalah peti mati atau sejenis kubur batu tetapi memiliki tutup di atasnya, biasanya antara wadah dan tutup berukuran sama. Sarkofagus di situs ini sudah banyak yang rusak dan pecah.
  3. Dolmen
    Dolmen adalah meja batu yang berupa batu besar dan berkakikan batu-batu kecil. Ada Dolmen yang menjadi tempat sesaji dan ada pula yang di bawahnya terdapat kuburan. Di situs ini banyak Dolmen yang di bawahnya terdapat kuburan.
  4. Pandhusa
    Pandhusa adalah Dolmen yang berisi kubur batu di bawahnya. Pandhusa selain difungsikan sebagai tempat sesaji juga difungsikan sebagai kubur. Di dalam kuburan-kuburan ini banyak ditemukan tulang-belulang manusia, alat dari batu, alat dari logam, manik-manik dan gerabah.
  5. Batu Kenong
    Batu Kenong adalah batu yang dibentuk seperti kenong atau gong. Fungsinya sebagai sarana pemujaan yang berhubungan dengan penguburan dan juga berhubungan dengan kesuburan karena bentuknya seperti payudara.

Akses Menuju Situs Pekauman

Untuk menuju ke situs Pekauman kita dapat menggunakan kendaraan umum dari terminal Bondowoso ke arah Jember dan turun di pabrik sumpit di Desa Grujugan dengan biaya sekitar Rp.5000,-. Kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki karena keberadaan situs Pekauman tak jauh dari jalan raya sekitar kurang lebih 1 km.

Source Situs Pekauman Bondowoso Jawa Timur
Comments
Loading...