Situs Payak Bantul

0 76

Situs Payak

Yogyakarta dikenal sebagai daerah yang memiliki perjalanan sejarah panjang, maka tak heran di Daerah Istimewa ini tersebar bangunan maupun situs bersejarah berusia ratusan tahun. Dengan kekayaan sejarah tersebut, tidak ada salahnya anda melakukan kegiatan wisata sejarah saat berada di Yogyakarta, semisal mengunjungi beberapa situs yang belum dikenal secara luas.

Di wilayah kecamatan Piyungan, tepatnya di Pedukuhan Payak, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta terdapat sebuah situs bersejarah dengan nama sesuai nama derah tersebut, yakni Situs Payak.

Situs Payak berada kurang lebih 200 meter sisi selatan dari jalan raya Jogja-Wonosari km 12. Lokasinya berdekatan dengan pemukiman warga dan bersebelahan dengan jalan kampung. Situs ini setiap harinya sepi,  jarang orang yang berkunjung ke. Kalau ada biasanya anak sekolah yang melihatnya dari luar.

Memang situs ini di kelilingi oleh pagar hidup dan dilindungi dengan pagar kawat berduri. Setiap harinya Wahyudi membuka pintu masuknya mulai dari pagi hari hingga sekitar pukul 02.00

Sejarah Situs Payak

Situs payak sendiri berupa bangunan berbentuk U yang berada enam meter di bawah permukaan tanah. Berdasarkan data dari Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta, situs ini ditemukan sekitar tahun 1970-an oleh para pembuat batu bata.

Masih berdasarkan data dari BPCB, situs Payak merupakan pertirtaan kuno. Bangunan yang saat ini tersisa adalah bekas tempat pemandian. Bangunannya sendiri terbuat dari bahan batu putih (tuff) dan posisinya miring menghadap ke arah barat daya.

Di bawah bangunan bentuk U tersebut terdapat kolam dengan ukuran 3,12 m x 1,24 m. Situs ini diperkirakan dibangun pada abad 9 masehi dan bercorakan Hindu.

Hal tersebut berdasar dari bentuk arca Dewa Siwa yang ditemukan. Arca tersebut semula berada di relung dinding, yang hingga saat ini masih bisa dilihat pengunjung. Meskipun ditemukan pada tahun 1970an, tetapi baru pada tahun 1980 kegiatan penggalian dilakukan, dan berlangsung hingga empat tahap

Source situs payak Bantul
Comments
Loading...