Situs Padang Candi Teluk Kuantan Riau

0 82

Lokasi Situs Padang Candi Teluk Kuantan

Situs Padang Candi Teluk Kuantan terletak di Koto Taluk, Kuantan Tengah, Kuantan Singingi, Riau.

Situs Padang Candi Teluk Kuantan

Situs Padang Candi ini terletak pada daerah pemukiman penduduk. Pada area situs seluas sekitar 2 ha, banyak ditemukan sebaran bata. Sebaran bata saat ini sudah tidak teratur lagi konteksnya. Oleh penduduk setempat konon bata yang ada dipakai untuk mendirikan rumah.

Salah satu struktur bata dapat dilihat pada halaman rumah penduduk, namun belum dapat dipastikan struktur apa, hanya tinggal bata satu lapis saja. Selain tersebar di area pemukiman, sebaran bata juga dapat dilihat di area perkebunan. Di area perkebunan, sebaran bata lebih teracak lagi, diduga karena aktivitas pengolahan lahan oleh petani.

Informasi tentang adanya struktur memanjang seperti tembok keliling perlu dibuktikan dengan ekskavasi test pit di area perkebunan yang tidak jauh dari rumah penduduk. Dari aspek geografis, keletakan situs Padang Candi amat strategis yaitu dekat dengan sungai Batang Kuantan, yang merupakan urat nadi lalulintas abad XIV M. Sampai saat ini sungai kecil yang merupakan anak sungai Batang Kuantan masih dapat dilayari dengan sampan.

Pada bulan Juli 2010 yang lalu telah dilakukan ekskavasi oleh Puslitarkenas Jakarta di situs ini. Sayangnya, sampai saat ini belum didapatkan laporan hasil ekskavasi tersebut. Menurut informasi masyarakat setempat, sebaran bata yang dulunya banyak terdapat di situs ini banyak digunakan oleh penduduk sekitar untuk membuat rumah.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/2017/10/09/situs-padang-candi-teluk-kuantan/
Comments
Loading...