Situs Nambangan Magelang

0 342

Lokasi Situs Nambangan

Situs Nambangan berada di dusun Nambangan, Desa Rejowinangun Utara, Kecamatan Magelang Selatan, Magelang, Jawa Tengah. Situs ini berada di areal pemakam umum.

Situs Nambangan

Situs Nambangan ini menyisakan beberapa batu bata kuno berukuran besar, berbeda dengan ukuran batu bata normal yang kini berada di pasaran. Selain batu bata kuno, disitus nambangan ini juga masih dapat ditemui sebuah yoni berukuran 1,25m x 1,25 m dengan kondisi setengah bagian cerat dan setegah tubuhnya menghilang. Kemungkinan dikarenakan telah dihancurkan oleh seseorang, yang biasanya berlatar belakangi oleh faham tentang keagamaan.
 
Batu bata kuno yang tersebar di situs nambangan ini kebanyakan digunakan sebagai pondasi makam. selain batu bata kuno di pemakaman ini juga masih bisa ditemui beberapa batu andersite dengan pahatan yang mencirikan bekas sebuah bangunan klasik. bila itu benar, berarti candi nambangan dahulunya menggunakan bahan batu berupa batu andersite dan batu bata.
 
Dilihat dari adanya peninggalan berupa sebuah yoni, bisa dipastikan dahulu bangunan candi yang pernah terbangun kokoh di situs nambangan ini. digunakan oleh umat hindu shiwa sebagai media peribadatan. Situs Nambangan ini sudah tidak utuh lagi atau bahkan sudah tidak terlihat berupa reruntuhan candi, hanya arfetak batu bata yang berukuran besar, batu2 andesit dan sebuah Yoni yang menunjukkan keberadaan situs nambangan ini.
Source Situs Nambangan Magelang Magelang
Comments
Loading...