Situs Mulosari Magelang

0 58

Situs Mulosari terletak di dusun Mulosari, Desa Kalisalak, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Diketahui situs ini di duga sebuah candi yang bercorak Hindu. Hal ini di sebutkan karena adanya bangunan yoni melambangkan dewa siwa yang sekarang masih berdiri kokoh di tempat semula.

Yoni Mulosari atau yoni yang di temukan ini memiliki ukuran 73 x 73 x 80 cm dengan keadaan bagian cerat yang sekarang sudah hilang. Di setiap dinding pada yoni ini terdapat ukiran pahatan yang berbentuk bunga. Menurut warga sekitar dulu di depan yoni Mulosari ini juga terdapat sebuah yoni lagi, namun kini keberadaan yoni tersebut sudah tak dapat di ketahui lagi, karena yoni tersebut telah hilang secara tiba – tiba.

Tak jauh dari lokasi penemuan yoni Mulosari ini juga terdapat banyak penemuan batu – batu candi yang bergeletakkan dan hanya berjarak beberapa meter dari keberadaan yoni Mulosari. Menurut warga sekitar yang tinggal dekat dengan penemuan penemuan ini berpendapat bahwa di semua sawah di sekitar mulosari dan pringapus memang sering ditemukan batu bata kuno di dalam tanah. Warga sekitar sendiri memprediksikan candi ini luasnya hampir 2 hektar.

Warga sekitar sendiri terkadang menggunakan batu bata tersebut, untuk kebutuhan pembangunan rumah mereka. Di sekitar dusunmulosari sendiri memang banyak ditemui pembuat batu bata. Dan memang setiap kali menggalilubang sering menemukan pondasi banguanan. Namun, langsung di ambil dan dikumpulkan menjadi satu.

Pada halaman rumah salah satu warga juga terdapat tumpukan batu andesit yang merupakan komponen batu candi. Jika benar komponen ini merupakan komponen daribangunan candi mulosari, dapat di artikan bahwa candi ini menggunakan dua buah bahan baku yaitu batu bata kuno dan batu andersit.

Lokasi dari situs Mulosari ini juga tak jauh dari Situs Pringapus dan Situs Candi Wurung, kemungkinan antara ketiga candi ini masih ada keterkaitan, hal ini di sebabkan karena letak masing masing penemuan memiliki jarak yang tak jauh dan hanya kurang dari 2 km saja.

Source Situs Mulosari Magelang nyariwatu
Comments
Loading...