Situs Megalitikum Batu Berak Lampung

0 111

Lokasi Situs Megalitikum Batu Berak

Situs Megalitikum Batu Berak terletak di Kecamatan Kebon Tebu Lampung Barat.

Situs Megalitikum Batu Berak

Situs megalitik batu berak ini pertama kali diketemukan pada tahun 1951 oleh BRN (Badan Rekonstruksi Nasional). Penelitian pertama dimulai pada tahun 1980 oleh Prof.Dr.Aris Soekandar seorang arkeolog dari Jakarta. Komplek situs megalitik Batu Berak ini berada dibawah naungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Lampung yang bekerjasama dengan Badan Suaka Purbakala Banten.

Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa situs megalitik Batu Berak ini dahulu dipakai sebagi tempat pemujaan, bukan tempat pemakaman pada zaman animisme. Situs ini telah melalui pemugaran selama empat tahap, yang dimulai pada tahun 1984 hingga 1989. Pada tahun 1989, komplek situs megalitik batu berak ini mulai dibuka untuk umum baik untuk wisata maupun untuk keperluan penelitian.

Situs Megalitikum Batu Berak ini tidak jarang didatangi para warga lokal maupun luar desa. Situs ini memberikan suatu daya tarik tersendiri, dimana penempatan batu yang unik yang sedikit bersifat mistis tetapi mempunyai nilai seni yang tinggi, membuat situs ini menjadi tempat yang ramai diijamah warga bila liburan tiba ataupun hari-hari libur. Banyak pengunjung yang berdatangan dari dalam maupun luar desa, yang selalu tidak lupa mengabadikan kedatangan mereka dengan berfoto di dalam maupun luar komplek situs itu.

Source Situs Megalitikum Batu Berak Lampung lampung
Comments
Loading...