Situs Megalitik Pokekea Sulawesi Tengah

0 136

Lokasi Situs Megalitik Pokekea

Situs Pokekea yang terdapat di Desa Hanggira, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah.

Situs Megalitik Pokekea

Situs Megalitik Pokekea terletak diatas bukit dan memiliki sebaran tinggalan megalitik yang cukup banyak dengan tinggalan yang beragam seperti, Kalamba, tutup kalamba, arca batu, batu dakon, lumpang batu, meja altar, batu dulang, batu bergores, dan gerabah kubur. Semua tinggalan megalitik tersebut, terkonsentrasi hampir merata diatas dan didalam tanah bukit Pokekea.

Kalamba dalam istilah lokal diartikan perahu dan tutupnya disebut ‘tuatena’, merupakan sebuah benda arkeologi berbentuk seperti drum/tong batu yang berbentuk silinder terpotong. Kalamba yang terdapat di situs Pokekea berjumlah 29 buah, yang   terkonsentrasi pada bagian tengah situs. Pada umumnya wadah Kalamba yang terdapat di situs ini tidak tertutup lagi, tutup kalamba tersebut berserakan di atas tanah disamping Kalamba.

Di situs Pokekea terdapat beberapa buah Kalamba yang mempunyai hiasan dibagian badannya, berupa hiasan garis geometris dan sebagiannya polos, dan relief muka manusia (kedok muka). Kalamba-kalamba tersebut berbentuk bulat silindrik, pada bagian tengah terdapat lubang. Kalamba-kalamba ini diduga berfungsi sebagai wadah penguburan. Kalamba yang terdapat dilokasi ini mempunyai ukuran yang berbeda, kalamba terbesar mempunyai ukuran tinggi 188 cm diameter badan 223 cm, kedalaman lubang 78 cm, kedalaman 65 cm, tebal bibir 22 cm, dan ukuran kecil tinggi 90 cm, diameter badan 76 cm, kedalaman lubang 62 cm dan tebal bibir 6 cm.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbgorontalo/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbgorontalo/wadah-batu-kalamba-pokekea/
Comments
Loading...