Situs Megalit Tutari Doyo Papua

0 55

Situs Megalit Tutari Doyo

Tutari Doyo Lama merupakan situs megalit yang terletak di Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura. Situs ini berada di bukit dengan ketinggian antara 150 hingga 200 meter dpl. Di Situs Megalit Tutari Doyo Lama dapat ditemui peninggalan-peninggalan yang berasal dari masa megalitik.

Peninggalan-peninggalan yang ada di Situs Tutari Doyo Lama terdiri atas beberapa jenis. Menurut Erlin Novita Idje Djami dari Balai Arkeologi Jayapura (2009), peningalan yang ada di situs ini berupa batu berlukis, pahatan batu, jajaran batu, batu temugelang, dan menhir. Bagyo Prasetyo dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (1994) menyebutkan bahwa menhir-menhir yang ada di situs ini merupakan lambang dari orang-orang Suku Tutari yang meninggal dalam perang pada masa lalu. Oleh karena itu tempat ini disakralkan oleh masyarakat sekitar. Dijelaskan pula bahwa terdapat beberapa batu yang mempunyai gambar dengan bentuk kura-kura, manusia, kadal, dan gambar-gambar geometris.

Situs Megalit Tutari Doyo Lama menjadi salah satu kajian dalam Rapat Kajian Tim Ahli Cagar Budaya Nasional (TACBN) pada 2017. Dalam sidang kajian tersebut, salah satu anggota TACBN, Prof. Dr. Harry Truman Simanjuntak menyatakan bahwa Situs Megalit Tutari Doyo Lama merupakan salah satu situs megalit tertua di Papua.

Situs ini juga mempunyai keunikan, karena masih banyak gambar-gambar yang belum diketahui maknanya. Atas dasar alasan itulah, Situs Megalit Tutari Doyo Lama direkomendasikan oleh TACBN kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk ditetapkan menjadi cagar budaya peringkat nasional.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditpcbm/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditpcbm/situs-megalit-tutari-doyo-lama-di-papua/
Comments
Loading...