Situs Megalit Simawang Sumatera Barat

0 212

Lokasi Situs Megalit Simawang

Situs Megalit Simawang terletak di Kabupaten Tanah Datar, tepatnya di nagari Simawang, Kecamatan Simawang, Sumatera Barat.

Situs Megalit Simawang

Situs Megalit Simawang memiliki tinggalan kebudayaan berupa batu-batu besar yang memiliki bagian ujung sudah tidak meghadap ke dataran tinggi di sekitarnya yaitu Gunung Merapi, selayaknya menhir yang ada di Sumatera Barat. Pertanggalannya yang pasti dari situs belum dapat diketahui. Berdasarkan dari bentuk-bentuk yang sederhana, diperkirakan berasal dari sekitar awal abad ke XVIII.

Kompleks megalitik Simawang merupakan kompleks makam kuno masa Islam dengan nisan-nisan makam berupa menhir. Makam yang menggunakan nisan dari bentuk menhir secara umum adalah suatu bangunan atau sebidang tanah yang diberi tanda pada bagian kepala saja atau bagian kaki. Adanya tanda berupa menhir oleh masyarakat selalu diasosiasikan dengan adanya tanda penguburan. Hal ini menjadi landasan bahwa adanya tradisi yang berlanjut terhadap penggunaan menhir dari masa prasejarah hingga Islam.

Kompleks makam ini terletak di puncak bukit. Pertanggalannya yang pasti dari situs ini tidak jelas. Nisan terbuat dari batuan andesit, ada dua bentuk nisan di kompleks Simawang :
1. Nisan tipe Tanah Datar, tetapi pahatannya agak kasar.
2. Nisan batu tanpa pengerjaan.

Nisan dari tiap makam ada yang satu atau dua. Nisan pada bagian kepala lebih besar daripada bagian kaki. Semua nisan tanda arahnya menunjuk ke arah Selatan. Di sisi puncak terdapat sebuah bangunan baru dari tembok (bata berlepa) dengan atap gonjong yang dipergunakan untuk para peziarah.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/2016/09/09/situs-cagar-budaya-megalit-simawang/
Comments
Loading...