Situs Masjid Kauman Pleret Bantul

0 220

Lokasi Situs Masjid Kauman Pleret

Lokasi  Situs Masjid Kauman Pleret ini terletak di Dusun Kauman, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Jarak dari Museum Purbakala Pleret ke Situs Masjid Kauman Pleret Bantul hanya sekitar 700 meter, mengarah ke Timur lalu belok ke kiri di Jalan Pleret, melewati perempatan, dan kemudian belok kiri lagi sekitar 70 m dari perempatan itu. Situs ini berada di sebelah kanan jalan, di pekarangan samping kanan sebuah masjid yang dibangun kemudian.

Situs Masjid Kauman Pleret

Penelitian dan penggalian situs dilakukan oleh Dinas Kebudayaan DIY, Balai Arkeologi Yogyakarta, BP3 DIY dan Jurusan Arkeologi UGM pada rentang waktu 2003 – 2010. Itu dilakukan guna mengungkap struktur Masjid Kauman Pleret Bantul, atau Masjid Agung Pleret, yang didirikan Amangkurat I yang memerintah Kerajaan Mataram Islam pada 1646-1677.

Bangunan darurat berpagar kayu sederhana beratap seng tterlihat ketika memasuki area Situs Masjid Kauman Pleret Bantul. Di bawahnya adalah area bekas ekskavasi yang dilakukan oleh balai arkeologi setempat.

Salah satu lubang kotak ekskavasi memperlihatkan susunan batu bata yang sudah berwarna tanah, serta ada semacam saluran air di sisi sebelah kanan lubang. Catatan tentang kotak-kotak galian itu sepertinya sudah lengkap, jika membaca tulisan Tata Ruang Masjid Kauman Pleret yang ditulis oleh Alifah dari Balai Arkeologi Yogyakarta. Lubang-lubang ekskavasi di Situs Masjid Kauman Pleret Bantul rata-rata berpagar dan ditutup dengan cungkup beratap seng.

Pada area ekskavasi Situs Masjid Kauman Pleret ini juga ditemukan saluran air yang diduga berada di depan masjid, atau mengelilinginya, sebagaimana parit yang ada di Masjid Besar Mataram Kotagede. Baiknya dibuat keterangan di setiap lubang galian itu. Tak butuh biaya mahal untuk membuat dan meletakkannya di tepian lubang.

Source Situs Masjid Kauman Bantul
Comments
Loading...