Situs Mantingan Magelang

0 303

Lokasi Situs Mantingan

Situs purbakala ini berada diatas bukit di Ds. Mantingan, Kec. Salam, Kab. Magelang.

Sejarah Situs Mantingan

Situs mantingan pada awalnya tidak pernah saya ketahui, tetapi dari keterangan pada saat penemuan Candi Losari, pihak BP3 menyimpulkan bahwa Candi Losari masih satu ikatan dengan Candi Gunung Wukir dan Situs Mantingan. Saya coba mencari letak dari Situs Mantingan ini lewat referensi internet tetapi tidak ada hasilnya. Pada saat kunjungan saya ke Candi Gunung Wukir saya mendapat keterangan bahwa Situs Mantingan memang ada dan berada di Desa Mantingan yg lokasinya tidak jauh dari Desa Canggal.

Di Desa Mantingan tidak banyak yang tahu mengenai keberadaan situs ini, setelah bertanya kesana kemari warga sekitar hanya tahu bahwa dulu terdapat arca, hiasan kala dan beberapa ornamen di Desa Mantingan. Pernah juga ditemukan 3 buah makara yang sekarang sudah diamankan pihak BP3. Mengenai keberadaan arca, kala dan ornamen lainnya sudah tidak diketahui dikarenakan lokasi benda2 ini sudah dibangun menjadi rumah warga.

Tetapi dari penuturan warga yang saya temui juga disebutkan bahwa masih ada sisa peninggalan purbakala yg berada di sebuah bukit dekat desa yang disebut warga Bukit Singo Barong. Tidak diketahui kenapa diberi nama Singo Barong, mungkin dahulu pernah ada hiasan kala yang ditemukan disini. Segera saya kunjungi bukit tersebut dan ternyata saya jumpai sebuah lapik arca yang cukup besar dan beberapa umpak batu yang tersebar dibawah rimbunnya pohon bambu. Selain itu juga ada sebuah fragmen arca nandi yang sudah aus dan dipenuhi lumut sehingga sulit dikenali lagi.

Source Situs Mantingan Magelang Magelang
Comments
Loading...