Situs Makam Singaperbangsa Banjar

0 67

Lokasi Situs Makam Singaperbangsa

Situs Makam Singaperbangsa terletak di pinggiran jalan Siliwangi Kota Banjar, Jawa Barat.

Situs Makam Singaperbangsa

Situs Makam Singaperbangsa di Kota Banjarberada dipinggiran jalan Siliwangi Kota Banjar, dibukit Gunung Babakan kawasan hutan Perum Perhutani, terdapat sebuah situs makam kuno. situs tersebut konon ialah makam Kangjeng Dalem Singaperbangsa. menurut banyak keterangan bahwa Singaperbangsa lebuih identik berada di kota Karawang, dikarenakan ia seorang Bupati Karawang pertama. Makamnya berada di Desa Manggung Jaya Kacamatan Cilamaya kota Karawang.

Kembali ke akhir abad XVI M, merupakan sesudah runtuhnya kerajaan Hindu Sunda-Galuh & awal penyebaran Islam di tatar Priangan. Pasca runtuhnya Kawali yang merupakan ibukota Kerajaan Galuh oleh serangan Cirebon yang dibantu Demak terhadap 1570 M, muncul pusat-pusat kekuasaan baru yang mempertahankan corak Hindu. Salah satunya, di Salawe raja Prabu Maharaja Sanghiyang Cipta di Galuh. Sang prabu mempunyai 3 anak, yaitu Putri bernama Tanduran Ageung atau Tanduran Gagang. ke-2, bernama Cipta Permana serta yang ke-3 Sanghyang Permana.
Sesudah dewasa, Tanduran Ageung dinikahkan dgn Rangga Permana, satu orang menak dari Sumedanglarang. Dirinya yaitu keponakan dari Prabu Geusan Ulun. Artinya, terhadap periode ini telah dilakukan Islamisasi dikerajaan.
Source http://www.wisatakotabanjar.com/ http://www.wisatakotabanjar.com/2016/05/situs-makam-singaperbangsa-di-kota.html
Comments
Loading...