Situs Makam Ratoh Ebuh Sampang

0 105

Lokasi Situs makam Ratoh Ebuh

Situs makam Ratoh Ebuh terletak di Desa Polagan, Kecamatan Kota, Sampang, Jawa Timur.

Situs makam Ratoh Ebuh

Situs tersebut merupakan makam ibunda Raden Praseno atau Pangeran Cakraningrat I, yang sekaligus merupakan raja pertama di Madura. Berdasar catatan sejarah, kerajaan tersebut berkedudukan di Sampang pada tahun 1624 Masehi.

Di samping memiliki nilai historis bagi masyarakat Sampang terkait hari jadi kotanya, di lokasi tersebut juga terdapat salah satu masjid tertua di Madura. Yakni Masjid Madeggan. Konon, masjid tersebut dibangun hanya dalam waktu semalam. Tak heran, hingga kini makam dan masjid tersebut masih dikeramatkan oleh masyarakat sekitar, dan Madura pada umumnya.

Kondisi masjid ini masih terlihat baik dan terawat. Bahkan menurut warga sekitar, masjid ini hingga kini masih sering digunakan oleh masyarakat untuk melaksanakan sumpah pocong.

Pintu masuk masjid tersebut bersebelahan dengan pintu masuk menuju komplek pemakaman Rato Ebuh ini. Letak pintu masuk makam Ratu Ebuh ini berada di tengah-tengah antara komplek makam para sesepuh Bupati Sampang sekarang (H Noer Tjahja) dan pintu masjid. Pemandangan menjadi sedikit terganggu karena terhalang atap gedung sebelah barat gapura makam Rato Ebuh ini. Kesannya, begitu kuno dan sarat nilai budaya. Termasuk kaya nilai pengetahuan sejarah tentang Madura dan adat-istiadat Pulau Garam ini.

Sempit, pendek, dan kecilnya pintu masuk menuju situs makam, memperlihatkan bagaimana harus menjaga kesopanan untuk masuk makam. Menurut cerita, para abdi yang hendak masuk makam, atau para peziarah dulunya harus masuk secara tertib. Satu-persatu dengan posisi berjongkok. Ini melambangkan penghormatan pada sang ratu.

Source http://kabarmadura05.blogspot.co.id/ http://kabarmadura05.blogspot.co.id/2008/04/rato-ebuh.html
Comments
Loading...