situsbudaya.id

Situs Makam Puang Towarani Sulawesi Barat

0 32

Lokasi Situs Makam Puang Towarani

Situs Makam Puang Towarani terletak di Desa Tandung Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Situs Makam Puang Towarani

Salah satu kompleks makam tua yang tidak pernah lengang dari para pengunjung adalah kompleks makam Puang Towaraniyang. Makam ini berada di atas bukit dengan ditumbuhi vegetasi seperti Kelapa, Asam dan beberapa tumbuhan budidaya masyarakat (diantaranya Coklat).

Puang Towarani adalah salah satu panglima perang kerajaan Balanipa abad XVII yang dikenal pemberani. Dikompleks makam ini, terdapat 321 makam, termasuk makam Puang Towarani dan dua makam pengawalnya yang terletak disamping kanan. Didalam kompleks makam ini ditemukan beberapa variasi nisan, antara lain nisan hulu kerisberpasangan nisan gada stilir,  nisan hulu keris berpasangan nisan pipih stilir dan nisan monolit berpasangan  nisan monolit dengan orientasi utara-selatan. Sementara variasi jirat yang ditemukan berupa susun timbun dan antero. Khusus makam Puang Towarani memakai Cungkup dan dinding. Kompleks makam Puang Towarani.

Sebagian besar merupakan makam-makam kuno dan selebihnya adalah makam baru yang masih memiliki hubungan kekerabatan dengan raja-raja yang dimakamkan dikompleks ini. Kompleks makam ini telah terdaftar dan terlindungi oleh pihak Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Sulawesi Selatan, Tenggara, Tengah dan Barat. Hal menarik dari kompleks makam Puang Towarani ini adalah  banyaknya  peziarah yang datang dengan niat untuk massamayu (syukuran atau hajatan). Dari data yang dimiliki situs ini dapat dijadikan parameter pengembangan wisata lokal oleh pemerintah setempat.

Source http://www.arkeologi-sulawesi.com//index.php http://www.arkeologi-sulawesi.com/berita-94/situs-makam-puang-towarani.html
Comments
Loading...