situsbudaya.id

Situs Makam Puang Coco di Bulu Sulawesi Selatan

0 28

Lokasi Situs Makam Puang Coco di Bulu

Situs Makam Puang Coco di Bulu terletak di Bulu’ Kelurahan Memorang Kecamatan Mattiro Bulu’ Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Situs Makam Puang Coco di Bulu

Situs Makam ini berada di tengah pemukiman penduduk dan dapat dijangkau dengan kendaraan, situs ini ditemukan sebuah makam kuna bercungkup atap dan dinding dari bahan seng, makam tersebut terdapat gundukan tanah berserakan pecahan keramik kuna dan gerabah (tempayan) yang tidak beraturan pada dinding barat makam, dan tidak ada yang utuh. Jenis keramik yang dapat dikenali berasal dari dinasti yuan abad ke 13-14, Sawankhalok dari Thailan abad ke 14-15, Ming dinasti abad ke 15-16 mungkin masih ada jenis keramik lain yang tidak ditemukan di dalamnya karena tidak dapat dibongkar untuk melihat apa yang terpendam di dalamnya, ada juga gentong kecil sebanyak 7 buah dari bahan stone were, benda itu terlepas dari tumpukan yang dijadikan sebagai wadah upacara di dalam bilik makam seperti antara lain pembakaran pedupaan dan wadah airsuci dan lain-lain.

Kedatangan pengunjung pada saat tertentu dengan tujuan untuk membawa sesajian pada situs makam dengan memohon berkah keberuntungan dan keselamatan diperantauan melaksanakan usaha kebutuhan hidupnya, dan mensyukuri atas keberhasilan usahanya.

Menurut informasi penduduk setempat, bahwa makam kuna ini sudah ada sebelum Islam di Sawitto, karena makam ini adalah pemakaman wadah keramik dan tempayan dari tanah liat, yang dimakamkan adalah abu jenasah yang disimpan di dalam tempayan dengan bahan stonewere, pemakaman seperti ini banyak pula ditemukan di daerah lain di Sulawesi Selatan.

Ukuran bilik makam Puang Coco adalah panjang 2,5 m. Lebar 160 cm dan tinggi 130 cm. Ukuran wadah tempayan yang bisa diukur adalah, lebar dasar 20 cm, lingkaran badan 55 cm, tinggi 20 cm. Gundukan tinggi 90 cm.

Source http://www.arkeologi-sulawesi.com//index.php http://www.arkeologi-sulawesi.com//berita-123/situs-makam-puang-coco-di-bulu.html
Comments
Loading...