Situs Makam Ponggeria Sulawesi Tenggara

0 37

Lokasi Situs Makam Ponggeria

Situs Makam Ponggeria terletak di Desa Baula, Kecamatan Baula, Sulawesi Tenggara.

Situs Makam Ponggeria

Untuk menuju ke makam tersebut dari jalan poros Kolaka – Pomalaa dan jalan kaki sekitar 300 meter di sisi timur sungai Baula melalui jalan setapak. Posisi  koordinat 121° 41΄ 10,9˝  Bujur  Timur  dan  04° 09΄ 36,4˝Lintang Selatan dengan ketinggian 45 meter di atas permukaan laut.

Makam Ponggeria terletak di tengah perkebunan coklat yang hanya ditandai dengan satu nisan yang secara keseluruhan bentuknya menyerupai bentuk kubah. Permukaannya terdapat kaligrafi bertuliskan Allah dan Muhammad.Bagian atas nisan agak meruncing dengan pola hias badan berupa tulisan Arab yang kaligrafis, tumpal dan pilin dengan ukuran tinggi 37 cm, lebar badan 17 cm.

Tidak banyak informasi yang diperoleh mengenai asal usul tokoh yang dimakamkan.Namun seorang tokoh adat menyebutkan bahwa Ponggeria merupakan salah seorang penyebar Islam di wilayah Kerajaan Mekongga abad ke-17 Masehi yang juga masih erat hubungan kekeluargaannya dengan Sangia Nibandera (saudara sepupu dengan ayah Sangia Nibandera).

Meskipun belum banyak diperoleh informasi mengenai latar belakang sejarah tokoh yang dimakamkan itu, namun kehadirannya memiliki ciri khas tersendiri yang belum pernah dijumpai pada kompleks makam lainnya di Sulawesi Tenggara. Dengan adanya tipologi nisan yang demikian sehingga sangat beralasan jika nisan itu tetap dipelihara dan dijaga pengamannya dari unsur-unsur pengrusakan (alam dan mahluk hidup).

Source http://www.arkeologi-sulawesi.com//index.php http://www.arkeologi-sulawesi.com//berita-168/situs-makam-ponggeria.html
Comments
Loading...