Situs Makam Nene Mallomo ( La Pagala )

0 98

Situs Makam Nene Mallomo ( La Pagala )

Nenek Mallomo terkenal sebagai tokoh Intelektual dan cendikyawan masyarakat Sidenreng Rappang pada khususnya dan Sulawesi-Selatan pada umumnya. Makam ini terletak di desa Allakuang Kecamatan MaritengngaE Kabupaten Sidenreng Rappang Propinsi Sulawesi-Selatan dengan titik koordinat S 03. 97 439″, E 119.79 482 “, berada di ketinggian 67 meter di atas permukaan laut dengan luas Areal situs sekitar satu hektar.

Makam Nenek Mallomo ini terbuat dari bahan dasar batu kali dan andessif dengan warna hitam, abu-abu dan putih perak dengan tiga buah batu nisan, 2 batu nisan yang masih asli berbentuk sebongkah batu berukuran kecil dan yang satu batu nisan yang baru dengan bentuk gada. Orientasi makam menghadap dari utara ke selatan, mewakili masa gaya Islam. makam tersebut dibuatkan atap seng dengan empat pilar beton dengan dipasangkan porselin keramik warna biru muda dan putih dan dipasangkan pagar besi berwarna hijau. Nenek Mallomo atau nama aslinya” La Pagala ” besaral dari Toraja menurut keterangan/ sumber dari beberapa Lontara adalah seorang tokoh yang terkenal akan kecerdasan/ intelektual, ahli pikir, ahli hukum dan tata pemerintahan pada masa kejayaan kerajaan Sidenreng.

Beliau menjabat menjadi penasehat Raja Sidenreng dan menurut kabar beliau menjabat selama 3 Raja/ Addatuang Sidenreng dan mengalami masa kejayaan pada masa pemerintahan Addatuang Sidenreng La Patiroi deng membangun Mesjid Tua Jerra’E di Allakuang sebagai tanda masuknya Islam pertama di wilayah kerajaan Sidenreng pada masa itu. Bersama dengan Syeh Bojo yang juga berperan serta dalam pendirian Mesjid Tua Jerra’E pada tahun 1609 Masehi.

Ketenaran figur Nenek Mallomo sampai ke beberapa wilayah kerajaan di Sulawesi pada umumnya sehingga nama Nenek Mallomo menjadi ikon bagi Kabupaten Sidenreng Rappang. Nenek Mallomo juga merupakan kerabat dari tokoh intelektual kerajaan lain di Sulawesi seperti Puang Ri Maggalatung dan sebagainya. Kata- kata bijaknya dan pola pikir serta cita-cita menjadi pedoman bagi masyarakat Sidenreng Rappang dan menjadi tokoh kebanggaan masyarakat Sidrap hingga saat ini.

Source http://cagar-budaya-sidrap.blogspot.com http://cagar-budaya-sidrap.blogspot.com/search?updated-max=2014-09-26T21:33:00-07:00&max-results=1&start=22&by-date=false
Comments
Loading...