Situs Londa Sulawesi Selatan

0 53

Lokasi Situs Londa

Situs Londa terletak di kampung Sang buia’ Tallulolo Kecamatan Sanggalangi Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Situs Londa

Situs Londa merupakan situs tunggal berupa kompleks penguburan yang merupakan bagian adat dari beberapa kampung tradisional. Hingga tulisan ini dibuat belum diketahui secara pasti kampung yang mana saja yang memiliki keterikatan dengan kompleks penguburan Londa. Diantara yang diketahui adalah

Posisi keletakannya berada pada bagian dasar tebing batu gamping. Situs ini berupa gua (cave) yang memiliki lorong sempit dan gelap, sehingga untuk masuk kedalam dibutuhkan penerangan lampu. Pada bagian depan didapati sejumlah erong sedang pada bagian dalam dijumpai erong bentuk baru seperti bentuk persegi, dan bentuk bundar (silinder). Orientasi gua mengarah ke barat tepatnya arah 280kompas. Di bagian pelataran terdapat dataran berupa sawah penduduk, serta tumbuhan kopi, pisang, enau, durian serta tumbuhan rambat.

Dari arah sebelah barat terdapat jalan menurun dan mendatar yang telah dibuatkan jalanan bertingkat mengikuti kontur permukaan tanah (trap) yang mengitari tebing menuju situs. Mulut gua terdiri atas dua bagian dimana keduannya dihubungkan oleh lorong-lorong sempit dan berkelok-kelok. Permukaan dalam gua berfluktuasi dan bercabang–cabang sempit, sehingga menyulitkan untuk bergerak. Pada bagian tertentu terdaoat rongga yang cukup luas dan gelap dan tidak dipergunakan untuk menyimpan mayat. Pada kedua mulut gua dan pada kedalaman tertentu terdapat tengkorak dan tulang-tulang berserakan yang berasal dari erong yang rusak. Permukaan tanah pada bagian depan gua relatif datar dan bersifat padat dengan warna coklat muda.

Adapun ukuran gua tersebut adalah : mulut gua I memiliki lebar mulut 1,95 m dan tinggi langit-langit 3, 25 m serta panjang kedalam 16, 50 m, kemudian mulut gua II dengan lebar mulut 2,10 m dan tinggi langit-langit 5, 10 m serta panjang kedalam 44,20 m. Mulut gua I berada di sisi sebelah kiri mulut gua II. Pada kedua mulut gua inilah ditemukan erong bentuk rumah, perahu, kerbau, babi serta patung orang yang telah dimakamkan (tau-tau).

Source http://www.arkeologi-sulawesi.com//index.php http://www.arkeologi-sulawesi.com//berita-45/situs-londa.html
Comments
Loading...