situsbudaya.id

Situs Lingga di Bukit Cinta Rawapening

0 38

Lokasi Situs Lingga

Situs Lingga ini terletak di Desa Kebondowo, Kecamatan Banyubiru, Semarang, berada di sebuah bukit di tepian rawa pening yaitu Bukit Cinta. Situs Lingga Bukit Cinta ada di pendopo, Petilasan Ki Godho Pameling.

Rute Situs Lingga

Ada beberapa jalur yang bisa anda tempuh untuk bisa sampai ke lokasi situs lingga ini. Jika anda datang dari kecamatan Ambarawa maka anda bisa meneruskan perjalanan dengan mendaki perbukitan untuk sampai pintu gerbang utama Rawa Pening berada di Banyubiru, Desa Bukit Cinta yang merupakan lokasi Objek wisata bukit cinta ini.

Sedangkan jika anda datang dari kecamatan Banyubiru, dan juga kecamatan Tuntang maka anda bisa meneruskan perjalanan kurang lebih 5 km untuk sampai objek wisata bukit cinta ini. Adapun lama perjalanan bisa sampai 1 jam perjalanan.

Namun jika anda datang dari Kota Salatiga anda bisa menempuh perjalanan kurang lebih hanya sekitar 5 Km dari Kota Ambarawa menuju ke arah Salatiga melewati Banyubiru. Dari kota Salatiga sendiri, Bukit Cinta dapat ditempuh dengan jarak sekitar 6 Km dengan lama perjalanan kurang lebih 20 menit perjalanan. Situs lingga yoni ini berada di sebuah bukit di tepian rawa pening yaitu Bukit Cinta.

Situs Lingga

Lingga adalah sebuah arca atau patung, yang merupakan sebuah objek pemujaan atau sembahyang umat Hindu. Kata lingga ini biasanya singkatan daripada Siwalingga dan merupakan sebuah objek tegak, tinggi yang melambangkan falus atau kemaluan Batara Siwa. Objek ini merupakan lambang kesuburan.  Lingga tersebut berdiri diatas umpak. Ukuran Umpak : Panjang : 20 cm, Lebar : 20 cm, Tinggi : 35 cm , Lingga : Panjang : 73 cm, Lebar : 73 cm, Tinggi : 35 cm

Situs Lingga Bukit Cinta masih sering digunakan untuk semedi, dengan banyaknya sisa sesaji serta abu pembakaran menyan, dupa di sekitarnya. Karena berada satu wilayah dengan wisata, Saat kesini bisa berwisata sejarah, sambil menikmati sejuknya Bukit Cinta, serta indahnya pemandangan Rawa Pening. Bagi yang suka memancing, atau sekedar berkeliling naik tersedia pula perahu. Di tengah Rawa pening ada pula warung apung yang menyediakan ikan bakar segar.

 

Source Situs Lingga Rawapening Bukit Cinta
Comments
Loading...