Situs Lebak Cibedug Banten

0 70

Lokasi Situs Lebak Cibedug

Situs Lebak Cibedug terletak di Kampung Cibedug Desa Citorek Kecamatan Cibeber, Lebak, Banten.

Situs Lebak Cibedug

Lebak Cibedug adalah situs yang selama ini dikatakan sebagai situs prasejarah dengan latar kebudayaan megalitik. Berupa punden berundak, terdiri dari enam teras dengan sejumlah altar dan batu berdiri (menhir) pada terasnya. Lingkungan pegunungan yang dingin dan lembab, pepohonan yang rimbun hingga cahaya matahari yang dapat mencapai permukaan tanah hanya sedikit menjadikan batuan di lokasi situs banyak ditumbuhi penyakit, bahkan permukaan tanah situs pun ditumbuhi lumut yang cukup tebal. Sampah dedaunan dari pepohonan di dalam situs menjadi sampah yang tiada habis untuk selalu dibersihkan.

Berdasarkan bentuk bangunan secara keseluruhan, Situs Lebak Cibedug terdiri dari bangunan teras berundak, bangunan sumuran, bangunan menhir, batu bergores dan sebaran batu tukuh, dengan batas-batas situs sebagai berikut :

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Sungai Cibedug
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Sungai Cibedug
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Sungai dan Kampung Cibedug
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kampung Pasir Manggu

Saat ini di sebelah barat situs Lebak Cibedug terdapat dua pemukiman yaitu Kampung Cibedug dan Kampung Cikalahang, masing-masing kampung ditandai oleh satu batur punden dengan batu datar dan menhir pada bagian atasnya. Tinggalan arkeologi ini disebut batu tukuh, yang berfungsi sebagai penada dari suatu pendirian kampung dan sekaligus sebagai pemberitahuan kepada masyarakat sekitar bahwa wilayah tersebut akan menjadi pemukiman.

Dari data yang diperoleh, batu-batu tukuh itu berjumlah 11, letaknya tidak membelakangi bangunan teras berundak Lebak Cibedug dan letaknya lebih tinggi dari lahan rumah penduduk sekaligus berdekatan dengan lokasi rumah sesepuh adat, juga menempati lahan yang tidak jauh dari aliran sungai.

Source https://catatankelabu.wordpress.com/ https://catatankelabu.wordpress.com/about/
Comments
Loading...