situsbudaya.id

Situs Lawaramparang Sulawesi Selatan

0 23

Lokasi Situs Lawaramparang

Situs Lawaramparang terletak di Kelurahan Watan Suppa, Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Situs Lawaramparang

Lokasi situs adalah sebidang tanah dengan morfologi yang bervariasi, antara tanah datar dan tanah tinggi serta letaknya bersinggungan dengan laut. Jika kita berdiri di sisi selatan atau merupakan sisi laut, maka kita melihat langsung pulau Kamerrang dan kota Pare-pare. Adapun vegetasi yang melingkupi situs ini di dominasi oleh bakau di samping pohon beringin dan tanaman perdu.

Salah satu tempat keramat yang menjadi pusat upacara masyarakat Suppa dan sekitarnya adalah situs Lawaramparang. Konon setiap kali upacara turun sawah (Mappalili) situs ini menjadi salah satu bagian dari serangkaian tempat yang dikunjungi. Pusat keramat di situs ini ialah sebuah pohon beringin besar yang sudah tua dan sebuah sumur di tepi laut dengan mata air yang terus mengalir. Kedua tempat inilah yang seringkali menjadi  media ritual. Sisa-sisa dari bukti persembahan dan upacara di situs tersebut, antara lain di simbolkan dengan kelapa, lelehan lilin merah dan putih yang terdapat pada makam dan kembang-kembang yang sudah mengering.

Legenda ataupun cerita lisan (foklor) yang melekat pada memori orang-orang Suppa bahwa tempat ini meruapakan lokasi pemakaman salah satu tokoh bangsawan Suppa “Lawaramparang” yang kawin dengan La Bangenge (Bangsawan dari Kerajaan Bacukiki) dan konon  bahwa selain jasad suami isteri yang dimakamkan di tempat ini juga harta bendanya dikubur bersamanya. Korelasi legenda dengan tinggalan arkeologis di situs tersebut berupa makam tua. Bahkan menurut keterangan dari beberapa tokoh setempat bahwa seringkali di tempat ini para pemburu-pemburu harta karung datang menggali. Lanjut menurutnya bahwa para pemburu harta karung itu menemukan barang antik (keramik) yang berisi abu jenasah. Sayangnya saat invertigasi dilakukan tidak ditemukan keramik-keramik tua (semasa praIslam), justru keramik yang dikumpulkan berasal dari masa yang lebih muda (keramik Cing dan Eropa).

Source http://www.arkeologi-sulawesi.com//index.php http://www.arkeologi-sulawesi.com//berita-67/situs-lawaramparang.html
Comments
Loading...